Merek Jam Tangan Seiko Mundur dari Ajang Baselworld 2020, Ada Apa?

Kompas.com - 12/11/2019, 11:55 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Seiko, nama besar produsen jam tangan dunia asal Jepang telah menyatakan diri mundur dari keikutsertaannya dalam ajang pameran jam dunia, Baselworld.

Meski hanya satu merek, namun kenyataannya yang pergi dari ajang tersebut bukan hanya satu, tapi dua, yakni Seiko dan Grand Seiko -varian hi-end dari pabrik tersebut.

Baca juga: Jam Tangan Grand Seiko x Godzilla, Kenang Keganasan Monster Kaiju

Dengan kepergian ini, maka dapat dipastikan tak akan ada lagi merek Seiko dalam hajatan tahunan di Swis tersebut.

Baselworld adalah acara pameran jam yang pertama di Swis. Awalnya, dengan menggunakan nama Schweizer Mustermesse Basel, pameran ini pertama kali diadakan pada tahun 1917.

Baca juga: Kembalinya Jam Tangan Legendaris Seiko Alpinist

Meski kemudian kerap menggunakan nama acara yang berbeda selama beberapa dekade, tetapi acara tersebut tetap dikhususkan untuk pameran berbagai merek jam.

Nah, kembali lagi kepada keputusan Seiko. Ketika berita tentang ini menyebar sejak akhir pekan lalu, Jurubicara yang mewakili kedua merek tersebut berbicara kepada laman Revolution.

"Waktu Baselworld 2020 kini sudah jauh lebih lambat daripada tahun-tahun sebelumnya," ungkap Jurubicara tersebut.

Baca juga: Seiko 5 Sports, Jam Tangan Milenial dengan Harga Terjangkau

"Waktu pelaksanaannya kami nilai sudah terlambat untuk peluncuran koleksi Seiko kami, dan menjadi sangat menantang bagi Grand Seiko, di mana kami memiliki program khusus untuk merayakan 60 tahun Seiko."

"Akhirnya, kami memutuskan untuk tidak ambil bagian dalam acara Baselworld di tahun 2020,” kata dia.

Baca juga: Jam Tangan Teknologi Tinggi Seiko x Mastermind, Dijual Rp 87 Juta

Keluarnya Seiko dan Grand Seiko dari Baselworld terjadi setelah sebelumnya Grup Swatch, Raymond Weil, Corum, dan -yang terbaru, Breitling menyatakan mundur dari acara itu.

Bahkan, tahun ini Grup Swatch telah melakukan pertunjukan sendiri, yang diberi tajuk "Time to Move". Mereka menggelar acara sendiri di awal tahun 2019, di Jenewa di saat berlangsungnya Baselworld 2019.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X