4 Tips Menjaga Mata dari Gangguan Penglihatan

Kompas.com - 07/12/2019, 21:54 WIB
ilustrasi mata lelah shutterstockilustrasi mata lelah

KOMPAS.com - Jika kamu termasuk pemakai kaca mata atau lensa kontak untuk mendukung penglihatanmu, kamu mungkin berpikir telah melakukan hal yang benar untuk melindungi penglihatanmu.

Tapi, membiasakan diri untuk melakukan beberapa kebiasaan sehat saat ini tentu akan bermanfaat di masa mendatang.

Seiring bertambahnya usia, risiko kamu terkena beberapa penyebab paling umum kebutaan, termasuk katarak, glaukoma, dan degenerasi makula terkait usia akan meningkat.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko dan melindungi penglihatanmu dalam jangka panjang.

1. Konsumsi vitamin

Penelitian mendukung bahwa sejumlah nutrisi dapat membantu melindungi penglihatan, kata dokter mata Kristi Stalker. Vitamin yang termasuk:

Vitamin A. Antioksidan ini sangat penting untuk proses penglihatan dan membantu melindungi permukaan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan malam dan akhirnya bisa menjadi kebutaan permanen.

Banyak makanan hewani mengandung vitamin A tinggi, termasuk hati, minyak ikan, dan keju, tetapi tubuh juga dapat memproduksi vitamin A dari karotenoid yang ditemukan dalam sayuran seperti ubi jalar, sayuran hijau berdaun, dan wortel.

Baca juga: Yoga Mata, Olahraga Ringan untuk Menjaga Mata Tetap Sehat

Vitamin C. Ditemukan dalam banyak buah dan sayuran termasuk brokoli, jeruk bali, stroberi dan jeruk, antioksidan ini membantu menurunkan risiko katarak.

Vitamin E. Penelitian telah menunjukkan, bahwa vitamin E dapat memperlambat kerusakan penglihatan karena degenerasi makula terkait usia. Kamu bisa mendapatkannya dari biji bunga matahari, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak nabati.

Lutein. Lutein, ditemukan dalam jumlah tinggi dalam sayuran hijau berdaun, diklaim dapat menyaring cahaya biru berbahaya yang masuk ke mata dan membatasi kerusakan pada retina.

"Saya tidak akan merekomendasikan orang untuk mengonsumsi vitamin dosis tinggi untuk degenerasi makula kecuali jika mereka benar-benar memiliki kondisi tersebut, tetapi saya berpikir bahwa mengonsumsi multivitamin atau memastikan Anda makan berbagai macam buah-buahan dan sayuran sangat penting," kata Dr. Stalker.

Baca juga: 8 Gejala yang Perlu Segera Diperiksa Dokter Mata

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X