Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Bruntusan di Pipi

Kompas.com - 09/12/2019, 14:26 WIB
Ilustrasi jerawat SrisakornIlustrasi jerawat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang yang pernah berjerawat pasti tahu betapa frustrasinya mencari obat jerawat yang cocok dan ampuh.

Jerawat memang bukan penyakit mematikan seperti kanker, tapi kehadirannya bisa mematikan kepercayaan diri, apalagi jika sampai muncul jerawat bruntusan di pipi.

Dalam dunia medis, jerawat bruntusan disebut sebagai closed comedones alias whitehead. Tipe jerawat seperti ini akan kasar ketika diraba, permukaannya tertutup, dan terlihat seperti biang keringat yang berwarna putih atau senada dengan kulit.

Jerawat bruntusan paling sering terjadi di kening, tapi tidak tertutup kemungkinan juga kita alami di pipi. Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat bruntusan di pipi ini?

Sebelum mencoba berbagai obat jerawat yang dijual bebas maupun rekomendasi dokter, tidak ada salahnya mencoba mengobati jerawat dengan cara alami. Berikut bahan-bahan alami yang dapat dicoba:

Uap panas

Memberi perawatan uap panas ke wajah dapat membuka pori-pori yang tersumbat. Sumbatan pada pori-pori memang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya whitehead.

Uap panas bisa didapatkan dari uap air panas, namun kita perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

Baca juga: Mandi Uap, Rahasia Kulit Cantik Para Wanita Korea

Cuka apel

Bahan alami ini bersifat asam sehingga dapat mengeringkan dan mengempiskan pori-pori. Kamu dapat mencampur 2 sendok makan cuka apel dengan 200 ml air hangat kemudian mengoleskan ke jerawat bruntusan di pipi.

Baca juga: Benarkah Sari Cuka Apel Bisa Bantu Atasi Jerawat?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X