9 Cara Menghilangkan Memar yang Dapat Dicoba di Rumah

Kompas.com - 15/12/2019, 11:16 WIB
Ilustrasi memar shutterstockIlustrasi memar
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki memar, terutama di bagian tubuh yang cukup aktif, seperti tangan atau kaki, tentunya akan mengganggu aktivitas kita.

Selain rasa sakit yang membuat tidak nyaman, memar yang terlihat membiru mungkin dapat mengganggu penampilan juga.

Memar adalah terperangkapnya darah di bawah kulit karena rusaknya pembuluh darah. Darah yang terperangkap pun akan diserap kembali oleh tubuh sehingga meninggalkan bekas kebiru-biruan atau ungu pada kulit.

Memar umumnya terjadi karena benturan dengan benda keras, terjatuh, keseleo, ataupun melakukan olahraga berat. Tak hanya menimbulkan perubahan warna pada kulit, luka memar juga bisa terasa nyeri.

Memar biasanya akan hilang dalam waktu 2-3 minggu, namun sebagian kasus memar dapat bertahan lebih lama.

Ada beberapa pengobatan rumahan dapat mempercepat penyembuhan dan memudarkan warna memar. Berikut cara mengobati luka memar yang dapat kita coba:

Kompres es

Mengompres es sesegera mungkin pada area yang cedera dapat mendinginkan pembuluh darah sehingga mengurangi jumlah darah yang bocor ke jaringan di sekitarnya.

Cara mengobati luka memar ini dapat mencegah memar tampak jelas dan mengurangi pembengkakan.

Gunakan es yang dibalut kain atau handuk, lalu letakkanlah pada area yang cedera selama 10 menit. Tunggu 20 menit untuk mengulanginya kembali.

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X