Tes Kanker Terbaru Tunjukkan 1 dari 4 Kanker Serviks Dapat Dicegah

Kompas.com - 20/01/2020, 15:59 WIB
Ilustrasi tes darah Ilustrasi tes darah

KOMPAS.com - Kanker termasuk penyakit yang sulit dideteksi, namun para ahli terus mengembangkan tes yang bisa membantu dokter menemukan penyakit ini lebih dini sehingga terapi pengobatan lebih efektif.

Sebuah tes kanker serviks terbaru diketahui dapat mencegah satu dari empat kasus kanker yang menjadi momok kaum perempuan. 

Para ahli percaya, metode screening baru ini, ditambah vaksin untuk anak-anak, suatu hari nanti bisa mengakhiri kanker serviks. 

Kanker serviks dipicu oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV) tipe 16 dan 18. Tim peneliti dari National Health Service (NHS) di Inggris melakukan tes pada semua wanita yang memiliki infeksi HPV untuk sel-sel abnormal.

Sebelumnya, hanya sampel yang menunjukkan kemungkinan perubahan sel yang diuji.

Tanda-tanda infeksi HPV dapat terlihat lebih awal sebelum kanker berkembang. Karena itulah pemeriksan HPV harus dilakukan secara teratur.

Para ahli mengatakan, metode tes ini dapat mencegah 600 dari 2.500 kasus kanker serviks baru setiap tahunnya di Inggris.

Bersamaan dengan screening, seluruh anak berusia 12 dan 13 tahun ditawari vaksin melawan HPV. Virus ini dapat disebarkan melalui kontak dari kulit ke kulit, terutama secara kontak seksual, dan dapat menyebabkan kanker lain di area genital pria dan wanita.

Profesor Peter Johnson dari NHS menyebut, kanker serviks dapat dihilangkan sama sekali dengan metode ini.

Tahun lalu, peneliti mengatakan kanker serviks dapat dihilangkan secara efektif di sebagian besar negara di dunia berkat screening yang lebih baik.

Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Sun
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X