Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Kanker Terbaru Tunjukkan 1 dari 4 Kanker Serviks Dapat Dicegah

Kompas.com - 20/01/2020, 15:59 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Kanker termasuk penyakit yang sulit dideteksi, namun para ahli terus mengembangkan tes yang bisa membantu dokter menemukan penyakit ini lebih dini sehingga terapi pengobatan lebih efektif.

Sebuah tes kanker serviks terbaru diketahui dapat mencegah satu dari empat kasus kanker yang menjadi momok kaum perempuan. 

Para ahli percaya, metode screening baru ini, ditambah vaksin untuk anak-anak, suatu hari nanti bisa mengakhiri kanker serviks. 

Kanker serviks dipicu oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV) tipe 16 dan 18. Tim peneliti dari National Health Service (NHS) di Inggris melakukan tes pada semua wanita yang memiliki infeksi HPV untuk sel-sel abnormal.

Sebelumnya, hanya sampel yang menunjukkan kemungkinan perubahan sel yang diuji.

Tanda-tanda infeksi HPV dapat terlihat lebih awal sebelum kanker berkembang. Karena itulah pemeriksan HPV harus dilakukan secara teratur.

Para ahli mengatakan, metode tes ini dapat mencegah 600 dari 2.500 kasus kanker serviks baru setiap tahunnya di Inggris.

Bersamaan dengan screening, seluruh anak berusia 12 dan 13 tahun ditawari vaksin melawan HPV. Virus ini dapat disebarkan melalui kontak dari kulit ke kulit, terutama secara kontak seksual, dan dapat menyebabkan kanker lain di area genital pria dan wanita.

Profesor Peter Johnson dari NHS menyebut, kanker serviks dapat dihilangkan sama sekali dengan metode ini.

Tahun lalu, peneliti mengatakan kanker serviks dapat dihilangkan secara efektif di sebagian besar negara di dunia berkat screening yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com