Survei: Generasi Z Rela Habiskan Uang demi Merawat Kecantikan

Kompas.com - 23/01/2020, 15:35 WIB
Ilustrasi perawatan wajah YakobchukOlenaIlustrasi perawatan wajah

KOMPAS.com - Merek perawatan dan kecantikan ZAP Clinic merilis survei terbarunya terkait industri kecantikan di Indonesia dalam Zap Beauty Index 2020.

Dalam survei yang dilakukan dengan metode online survey di periode Juli-September 2019 ini menunjukkan, bahwa sebanyak (45.4%) wanita Indonesia sudah sadar akan pentingnya menjaga kecantikan sejak dini. Bahkan mereka sudah mendatangi klinik kecantikan sejak berusia 19 tahun.

Selain itu, survei dengan responden sebanyak 6.460 wanita itu juga menencakup potret dari perilaku tiga generasi berbeda di dunia kecantikan, yakni Gen X (45-65 tahun). Gen Y (23-44 tahun), dan Gen Z (13-22 tahun).

Dari survei juga terungkap bahwa generasi Z menjadi generasi yang paling banyak menghabiskan uangnya untuk keperluan kecantikan. Kebanyakan generasi Z menghabiskan uangnya untuk membeli riasan wajah atau make up.

Baca juga: Mengarahkan Bakat dan Potensi Generasi Z

“Sebenarnya lebih besar lipstick, tapi yang menarik itu selain lipstick yang lumayan itu growing sheet mask, dan klinik kecantikan juga naik dua kali lipat. Jadi hampir 70 persen itu ke klinik kecantikan,” ujar Yosanova Savitry selaku Chief Operation MarkPlus Institute dalam jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Bahkan, mereka dari generasi Z sudah memutuskan menggunakan anti aging sejak berusia 13 tahun.

“Mungkin pengaruh Korea (Selatan) ya. Korea jadi nomor satu, kedua Indonesia sebagai kiblatnya mereka,” ungkapnya.

Untuk itu, wajar saja bila dalam survei terungkap bahwa generasi Z memutuskan pergi ke klinik kecantikan untuk melakukan perawatan sejak usia 19 tahun.

“Dahulu mungkin kalau udah kerja baru ke klinik kecantikan, sekarang itu sudah sekitar umur 19 tahun, berarti itu kan kuliah, sudah ke klinik kecantikan dan pakai skin care-nya dari 13 tahun,” ujar Yosanova lagi.

Bersamaan dengan survei ini juga terungkap, bahwa mayoritas perempuan Indonesia lebih sering mengunjungi klinik kecantikan (76,096) dibandingkan pergi mengunjungi salon (39,796). Perbandingan tersebut mencapai hinga dua kali lipat.

Baca juga: Makin Peduli Perawatan Kecantikan demi Eksis di Medsos

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X