Memasuki Tahun Tikus, Waspada Munculnya Penyakit-penyakit Baru

Kompas.com - 24/01/2020, 08:30 WIB
Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (22/1/2020). Alat pemindai suhu tubuh tersebut dipasang Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar sebagai upaya pengawasan dan antisipasi penyebaran Virus Corona yang mewabah dari Wuhan, China. ANTARA FOTO/FIKRI YUSUFPetugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (22/1/2020). Alat pemindai suhu tubuh tersebut dipasang Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar sebagai upaya pengawasan dan antisipasi penyebaran Virus Corona yang mewabah dari Wuhan, China.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wabah virus corona (coronavirus) yang bermula di Kota Wuhan, Cina, kini menjadi perhatian masyarakat dunia karena penyebarannya yang cepat.

Sebelum muncul wabah virus corona, ada sejumlah penyakit lainnya yang juga menggemparkan dunia. Di antaranya SARS, flu babi, cacar monyet, dan lainnya.

Memasuki Tahun Baru Imlek 2571 atau tahun tikus logam, Motivator fortune teller, Madam Arra mengatakan bahwa munculnya wabah virus corona menjadi salah satu penanda bahwa pada setahun ke depan masih akan muncul penyakit-penyakit baru lainnya yang perlu diwaspadai.

"Bisa muncul yang kayak begitu. Penyakitnya juga aneh-aneh, cenderung penyakit baru. Misalnya, kayak demam berdarah tapi bukan, kayak campak tapi bukan."

Hal itu diungkapkan Madam Arra ketika ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Meski begitu, menurutnya kita jangan mudah panik, apalagi melakukan upaya yang terlalu berlebihan untuk melindungi keluarga.

Perilaku mudah panik dan terlalu protektif tersebut, menurut Madam Arra, justru bisa membuat seseorang kecolongan dan akhirnya rentan terkena penyakit tersebut.

"Misal, jangan minum ini-itu nanti batuk. Lho, enggak minum itu juga bisa batuk. Jadi secukupnya saja, bukan enggak boleh ini-itu. Karena saking ketakutannya jadi sakit. Sewajarnya saja, jangan berlebihan," ungkapnya.

Baca juga: Membaca Peruntungan di Tahun Tikus, Mana Shio Paling Beruntung?

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X