Perempuan Lebih Berisiko Alami Cedera Lutut, Apa Alasannya?

Kompas.com - 28/02/2020, 13:43 WIB
. iStockphoto.

KOMPAS.com - Lutut terdiri dari tulang paha, yang mana bagian bawahnya terdiri dari dua ujung bulat dengan bagian atas yang relatif datar dibandingkan tulang kering.

Berbeda dengan sendi pinggul yang lebih aman, sendi lutut jauh lebih terbuka dan jauh lebih rentan terhadap cedera.

Karena wanita memiliki pinggul yang lebih luas, tulang kaki bagian atas wanita memasuki lutut dalam sudut yang lebih besar dan melilit lutut.

Baca juga: Akupunktur, Cara Tradisional yang Efektif Redakan Nyeri Lutut

Hal ini membuat wanita lebih rentan terhadap jenis cedera tempurung lutut tertentu, seperti chondromalacia.

Perempuan juga rentan terkena masalah dengan ligamentum cruciate anterior, salah satu ligamen kunci yang membantu menstabilkan sendi lutut.

Cedera lutut memang mungkin terjadi karena kecelakaan, seperti jatuh, kecelakaan mobil, cedera olahraga atau sakit seperti artritis atau radang sendi.

Namun mayoritas masalah lutut disebabkan karena tekanan berlebih pada lutut yang terjadi ketika berlari, memanjat, atau olahraga high impact berulang.

Menurut sejumlah studi dan para dokter, selain karena ukuran pinggang yang memberi tekanan lebih pada sendi, perempuan juga lebih rentan karena hormon estrogen melemahkan ligamen.

Ini adalah faktor-faktor yang berada di luar kendali seseorang, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan seseorang untuk mengatasi nyeri lutut.

Menurut Ahli Kebugaran dan Direktur di Contours India, Chandra Gopalan, terlepas dari masalah yang berkaitan dengan hormon, masalah lain yang mempengaruhi lutut wanita antara lain adalah:

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X