Kompas.com - 08/03/2020, 18:40 WIB
Ilustrasi turun berat badan RyanKing999Ilustrasi turun berat badan

KOMPAS.com - Ketika kamu merencanakan penurunan berat badan dan menyadari bahwa usahamu telah membawa hasil, tentu kamu merasa senang dan semakin bersemangat untuk menurunkan berat badan lebih banyak lagi.

Meski demikian, penurunan berat badan sebaiknya dilakukan secara bertahap. Berhasil menurunkan bobot tubuh 5 kilogram saja efeknya sudah sangat terasa di tubuh, mulai dari turunnya kadar kolesterol, trigliserida, hingga menurunkan tekanan darah. Ini tentu bermanfaat bagi mereka yang obesitas dan kegemukan.

Menurut National Heart, Lung and Blood Institute, kehilangan 5 hingga 10 persen dari berat badan saat ini selama lebih dari 6 bulan akan mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi terkait jantung lainnya seperti aterosklerosis, stroke, serangan jantung, dan gagal jantung kongestif.

Baca juga: Jessica Simpson Beberkan Rahasia Turun Berat Badan 45 Kg

Berikut ini tujuh hal yang terjadi pada tubuh saat kamu berhasil menurunkan berat badan 5 kilogram:

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Seseorang dengan kelebihan berat badan 5 hingga 10 kilogram memiliki risiko diabetes tipe 2 yang jauh lebih besar dibandingkan orang yang memiliki berat badan ideal.

Sekitar 80 persen orang yang kelebihan berat badan atau obesitas terbukti berada pada risiko diabetes yang lebih tinggi.

Ketika tubuh kehilangan 5 kilogram, bukan hanya menurunkan kadar gula darah, tetapi juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatur kadar insulin.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Turun berat badan menghilangkan ketegangan jantung. Menurut American Heart Association, kehilangan sedikitnya 5 kilogram dapat membantu mengelola atau mencegah tekanan darah tinggi yang sangat vital bagi kesehatan jantung.

Pasalnya, ketika ada peningkatan tekanan darah, itu bisa mengarah pada aterosklerosis dan penyakit jantung lainnya.

Baca juga: Minum 2 Gelas Air Sebelum Makan Bantu Turunkan Berat Badan

Halaman:


Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X