Ingin Turunkan Berat Badan? Coba Diet Tanpa Garam

Kompas.com - 09/03/2020, 09:07 WIB
Ilustrasi garam shutterstockIlustrasi garam
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain diet tanpa nasi atau diet ketogenik, pengalaman gagal diet juga kerap dialami mereka yang sedang menjalani diet tanpa garam.

Bukannya menakut-nakuti, namun pola makan yang sudah terbentuk sebelumnya kerap membuat seseorang sulit meninggalkan garam dari menu makanan sehari-hari. Tak hanya garam yang terlihat saja, tapi juga garam yang “tersembunyi”.

Selain demi menuju berat badan ideal, diet tanpa garam kerap dilakukan penderita penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung dan penyakit-penyakit lain akibat konsumsi garam berlebih.

Garam atau sodium adalah mineral penting yang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsinya. Garam membantu regulasi cairan dalam tubuh, menyeimbangkan elektrolit, dan juga menjaga keseimbangan tekanan darah.

Garam yang secara alami ada pada makanan seperti sayuran dan telur tentu tidak berbahaya. Menjadi berisiko ketika mengonsumsi tambahan garam, yang belum tentu diperlukan tubuh.

Selain itu, makanan yang diproses berlebihan juga biasanya mengandung sodium cukup tinggi.

Baca juga: Terlalu Banyak Makan Garam, Waspadai Munculnya 6 Penyakit Ini

Manfaat diet tanpa garam

Bagi orang yang menjalani diet tanpa garam, idealnya asupan sodium setiap harinya dibatasi antara 2.000-3.000 mg per hari. Sebagai referensi, satu sendok teh garam sudah mengandung 2.300 mg sodium.

Beberapa manfaat menjalani diet tanpa garam adalah:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X