Kompas.com - 13/03/2020, 11:00 WIB
ilustrasi masker shutterstockilustrasi masker

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan semakin meluasnya wabah virus corona, perlengkapan pelindung seperti masker kian diburu.

Bahkan kelangkaan masker terjadi di beberapa daerah di Indonesia, maupun negara-negara lainnya yang juga terdampak.

Ketika masker sulit didapatkan, membuat masker kain sendiri bisa menjadi alternatif.

"Waktu kecil kan kita biasa pakai sapu tangan, nah pakai saja. Digunting jadi menyerupai masker, lalu pakai tali yang lucu," kata dokter kosmetologi, Indira P. Tranggono di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Baca juga: Pakai Masker hingga Masak Makanan sampai Matang untuk Cegah Infeksi Corona

Masker bisa dibuat dari kain katun biasa. Meski memang tak bisa sepenuhnya melindungi kita dari infeksi virus, namun masker setidaknya bisa membantu menyaring udara yang kita hirup dan masuk ke dalam tubuh.

Namun, Indira mengingatkan agar masker kain diganti setiap hari. Sebab, masih ada sebagian masyarakat yang jarang mengganti maskernya. Misalnya, para pengendara motor.

"Sudah gitu besoknya lupa yang dipakai di luar malah dipakai di dalam. Itu kan radikal bebas, polusi," katanya.

Meski begitu, Indira mengingatkan bahwa orang-orang yang paling wajib mengenakan masker adalah mereka yang sedang sakit. Hal itu bertujuan agar tidak menularkan penyakitnya pada orang lain.

Di samping itu, utamakan menjaga daya tahan tubuh. Caranya, dengan rutin berolahraga dan menjalani pola hidup sehat.

"Kurangi goreng-gorengan, karena makanan yang beredar di Indonesia sekarang kan banyak yang tidak sehat," tutur putri dari pendiri kosmetik Ristra, Retno Iswari Tranggono itu.

Baca juga: Tak Semua Orang Perlu Pakai Masker untuk Cegah Virus Corona



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X