Ide Kegiatan Anak di Rumah Saat Sekolah dan Kantor Diliburkan

Kompas.com - 15/03/2020, 18:36 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta agar warga mengurangi aktivitas di luar rumah untuk menekan penyebaran Covid-19. Beberapa kepala daerah pun telah menetapkan untuk meliburkan sekolah selama dua minggu ke depan.

Banyak orangtua yang mungkin bingung bagaimana memberi kegiatan kreatif pada anak usia dini agar tidak hanya sibuk memainkan gawai.

Agar tak jemu, kita bisa melakukan beberapa kegiatan bersama anak yang lebih kecil selama "karantina" di rumah.

1. Buat dan mainkan balon dari sabun

Buat sendiri balon dari sabun dan meniupnya bersama si kecil. Caranya sangat mudah yakni, dengan mencampurkan sabun cuci piring dengan air dalam wadah. Untuk mempercantik, tambahkan pewarna. Lalu, gunakan sedotan untuk meniupkan cairan ke udara. Pastikan anak tidak menelannya ya.

Dari setiap gelembung yang dihasilkan, orangtua bisa ajak anak untuk berimajinasi tentang warna-warna dan bentuk apa yang tersirat di dalam gelembung.

Baca juga: 6 Tips Parenting Anak Cerdas Sesuai Rekomendasi Psikolog

2. Bermain malam atau play doh buatan sendiri

Bermain malam atau play doh bisa membunuh kejenuhan sekaligus melatih keterampilan motorik halus anak balita. Bila di rumah tak tersedia play doh, kita bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan bahan bahan berikut ini:

* 2 cangkir tepung serbaguna

* ½ gelas garam

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X