Kompas.com - 18/03/2020, 11:48 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Menghadapi pandemi virus corona tentu membuat setiap orang cemas, dan tak jarang terus memikirkannya.

Namun, -ternyata, berpikiran positif tetap diperlukan untuk bisa melewati masa krisis ini.

Faktanya, berpikir positif adalah sumber daya utama bagi manusia selama menghadapi sebuah krisis, termasuk menghadapi pandemi virus corona saat ini.

Baca juga: Wabah Corona, Nenek 100 Tahun Rayakan HUT dari Balik Kaca Jendela

Sebab, berpikiran positif dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh, antara lain:

1. Mempercepat pemulihan kardiovaskular

Penelitian telah menunjukkan, ketika mengalami emosi positif di balik peristiwa yang membuat stres, kita bangkit kembali dengan lebih cepat dan memiliki waktu pemulihan kardiovaskular yang lebih cepat.

Pemulihan kardiovaskular adalah detak jantung yang lebih rendah dan tekanan darah yang lebih stabil. Kondisi ini salah satunya bisa diraih dengan berupaya menjadi positif.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah penelitian dengan orang-orang yang sengaja terinfeksi virus influenza dan rhinovirus mengungkap, mereka yang memiliki emosi lebih positif lebih mungkin melawan gejala-gejalanya.

Baca juga: Terimbas Wabah Corona, Saya Terpaksa Batalkan Pernikahan

Diungkap pula, orang yang memiliki emosi positif lebih rendah ternyata 2,9 kali lebih mungkin terkena penyakit pernapasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X