Cerita Inem, Berbagi Masker dan Sembako untuk Pekerja Jalanan Jogja

Kompas.com - 27/03/2020, 19:28 WIB
Inem Jogja berbagi sembako, masker, dan hand sanitizer kepada para pedagang kaki lima, driver ojek online, dan lain-lain. Dok. Inem JogjaInem Jogja berbagi sembako, masker, dan hand sanitizer kepada para pedagang kaki lima, driver ojek online, dan lain-lain.

KOMPAS.com - Sudah tiga bulan lamanya, wabah virus corona menjangkiti ratusan negara di dunia, termasuk Indonesia.

Untuk menekan penyebaran virus corona yang kian meluas, pemerintah menginstruksikan agar warga bekerja dari rumah.

Demikian pula para siswa yang diinstruksikan untuk belajar dari rumah.

Namun, pilihan ini tak bisa dilakoni semua orang. Ada yang masih tetap harus keluar rumah untuk mencari nafkah bagi keluarga karena bekerja di jalan.

Berbagai inisiatif dilakukan komunitas maupun individu untuk meringankan beban mereka yang masih harus berjuang di tengah situasi seperti saat ini.

Salah satunya dilakukan oleh Made Dyah Agustina alias Inem Jogja.

Baca juga: Inem Jogja, Mantan Dosen yang Pilih Jadi Wong Edan demi Kebaikan

Di Yogyakarta, ia mengumpulkan donasi yang kemudian disalurkan untuk memberikan bantuan berupa pemberian sembako kepada orang-orang harus bekerja di luar rumah.

Inem mengatakan, ia membagikan paket sembako kepada para driver ojek online, tukang parkir, tukang becak, dan lain-kain karena mengetahui bahwa pengemudi ojek online menghadapi situasi yang sulit selama wabah virus corona merebak.

"Saya sedikit kepo di medsos, ada tukang ojek mengeluh karena sedikit orderan, dan ada beberapa ojol tertipu pemesanan barang dalam jumlah banyak, dan ternyata orderan fiktif," ujar Inem saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (27/3/2020).

Inem Jogja berbagi sembako, masker, dan hand sanitizer kepada para pedagang kaki lima, driver ojek online, dan lain-lain.Dok. Inem Jogja Inem Jogja berbagi sembako, masker, dan hand sanitizer kepada para pedagang kaki lima, driver ojek online, dan lain-lain.

Ia juga mengungkapkan, ada seorang driver ojek online hanya mendapat 3 orderan dalam sehari dengan pemesanan tidak sampai Rp 50.000.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X