Mengapa Anak Laki-laki Sangat Terikat dengan Ibunya?

Kompas.com - 30/03/2020, 23:30 WIB
Ilustrasi ibu dan anak shutterstockIlustrasi ibu dan anak

KOMPAS.com - Ada cerita yang mengatakan bahwa seorang ibu tidak boleh menjaga anaknya terlalu dekat, karena dapat menghambatnya untuk menjadi pria yang kuat, berani, dan mandiri. Namun, penelitian telah membuktikan bahwa hal ini tidaklah benar.

Seorang Ibu umumnya selalu berhati kuat dan hubungan dekat anak laki-laki dengan ibunya justru bisa membuatnya lebih kuat dan mandiri.

Hal ini telah terbukti secara ilmiah, bahwa hubungan antara ibu dan anak laki-laki sehat dan bermanfaat.

Baca juga: Banyak Anak Laki-laki Takut Rambutnya Dicukur, Bagaimana Mengatasinya?

Umumnya jika diperhatikan, memang ada beberapa hubungan alami antara anak-anak dengan orangtua mereka yang berlawanan jenis. Misalnya, ayah selalu sangat melindungi anak perempuan mereka.

Demikian pula, para ibu melihat putra-putra mereka sebagai lelaki yang potensial dan mengasuh mereka dengan cara yang sama.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Pasco Fearon, dari Fakultas Psikologi dan Ilmu Bahasa Klinis, University of Reading menunjukkan, bahwa ikatan yang tidak baik antara ibu dan anak laki-laki menyebabkan masalah perilaku di masa mendatang.

Peneliti memerhatikan 69 studi yang melibatkan hampir 6.000 anak berusia 12 tahun ke bawah.

Dilansir dari Science Daily, hal utama yang menjadi perhatian Fearon adalah bagaimana ikatan antara anak laki-laki dan ibu mereka di awal kehidupan memengaruhi perilaku anak-anak di masa mendatang, seperti agresi dan permusuhan.

”Analisis kami menunjukkan, bahwa anak-anak dengan keterikatan yang tidak baik pada ibu mereka, terutama anak laki-laki, memiliki masalah perilaku yang lebih signifikan. Bahkan, ketika masalah perilaku diukur bertahun-tahun kemudian," kata Fearon.

Baca juga: Perhatian Ayah ke Anak Perempuan Lebih Besar Ketimbang Anak Laki-laki

Pola asuh yang buruk dapat menyebabkan masalah perilaku pada anak laki-laki

Terutama pada anak laki-laki, terlihat bahwa pengasuhan yang buruk dapat menyebabkan masalah perilaku pada mereka.

Ketika anak laki-laki tidak mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang layak dari ibu mereka, sikap mereka terlihat berbeda. Mereka bahkan cenderung bersikap agresif.

Penelitian telah membuktikan, anak laki-laki yang memiliki ikatan yang tidak baik dengan orangtuanya, terutama dengan ibu mereka, cenderung mudah bertengkar dengan orang lain, tidak patuh, dan pada umumnya bersikap kasar di masa mendatang.

Bonding atau ikatan yang kuat dengan ibu saat anak laki-laki masih kecil dan berusia muda, dapat mencegah mereka menjadi nakal saat tumbuh dewasa.

Baca juga: Anak Laki-laki Pilih Mainan Boneka? Jangan Langsung Parno...

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X