7 Tips Atasi Berat Badan "Menggila" Selama Masa Isolasi Wabah Corona

Kompas.com - 06/04/2020, 13:18 WIB
Ilustrasi diet ShutterstockIlustrasi diet

KOMPAS.com - Penurunan berat badan selama menjalani masa isolasi di rumah -atau mungkin lebih tepatnya membendung kenaikan berat badan, tiba-tiba menjadi masalah besar bagi banyak dari kita.

Beberapa minggu di dalam masa isolasi, menjauh dari interaksi fisik, mulai mendatangkan banyak dampak, yang bukan tak mungkin salah satunya adalah kenaikan bobot tubuh. 

Hal itu memang biasa terjadi, di saat kita melakukan aktivitas fisik yang lebih sedikit dari biasanya, namun tetap -atau bahkan menambah, asupan harian.

Baca juga: Cara Mudah dan Menarik Ukur Berat Badan Tanpa Timbangan

Kendati demikian, ada setidaknya tujuh langkah praktis yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. 

1. Kelola asupan kalori

Ini benar-benar bukan ilmu kilat. Jika kita tidak ingin mengalami kelebihan berat badan, maka kita harus berhenti makan lebih dari yang dibutuhkan tubuh.

Bahkan, jika sebelum isolasi kita sudah menjalani gaya hidup yang relatif "diam", di dalam ruangan untuk 99 persen waktu, artinya kita harus membakar kalori lebih banyak dari sebelumnya.

Konsekuensinya, kita harus makan lebih sedikit untuk menyesuaikan dengan gaya hidup baru ini, yang membuat kita tak terlalu banyak bergerak ini.

2. Lakukan puasa intermiten

Jika kita ingin menukar sebatang cokelat dengan kale dan brokoli, kita memang dapat secara drastis mengurangi konsumsi kalori.

Baca juga: Murah dan Enak, Ini Kalori yang Terdapat Pada Tempe Goreng

Nah, kita pun bisa mencoba untuk hanya makan di dalam jendela waktu tertentu dalam sehari.

Mungkin cara yang paling populer adalah dengan melakukan puasa intermiten. Ada dua piihan cara untuk melakukannya: diet 5: 2 atau diet cepat 16:8.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber T3
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X