Kompas.com - 07/04/2020, 08:54 WIB

KOMPAS.com - Stres seringkali sulit untuk kita hindarkan, terlebih dalam situasi yang tidak pasti seperti pandemi. Jika tidak kita kendalikan, stres akan mengganggu suasana hati, hubungan, rutinitas tidur, bahkan fungsi tubuh.

Setiap orang punya cara berbeda dalam mengelola stresnya. Jika kamu belum menemukannya, teknik-teknik relaksasi berikut mungkin bisa dicoba untuk manajemen stres.

Menemukan teknik yang paling pas dengan diri kita memang membutuhkan trial and error (percobaan dan kegagalan), namun ketika sudah menemukan teknik yang pas kamu akan merasa jauh lebih tenang.

1. Relaksasi otot progresif

Pendiri Plum Counseling and Wellness, Jessie Bohnenkamp, LPC, NCC, merekomendasikan untuk mencoba teknik relaksasi otot progresif.

Ia menjelaskan, ketika merasa stres, seringkali kita menegangkan bagian tubuh kita, yang kemudian mengirimkan sinyal ke otak bahwa kita tidak aman dan perlu waspada terhadap bahaya.

"Berbaringlah, atau dalam posisi yang nyaman, kemudian mulailah dengan jari-jari kaki, fokus merelaksasi sepenuhnya setiap kelompok otot atau bagian tubuh, perlahan bergerak ke atas tubuh lalu biarkan semua ketegangan mengalir jauh," ungkapnya kepada Popsugar.

Baca juga: Belajar dari Rumah, Tak Ada Ibu yang Sempurna...Ibu Perlu Rileks

2. Ambil nafas dalam dan berjalan

Jika merasa stres, cobalah keluar rumah untuk berjalan-jalan dengan tetap memperhatikan keamanan dan jaga jarak. Walau sebentar tetapi dapat membantu menjernihkan pikiran. Selain berjalan kaki, fokus pada pernapasan dalam yang lambat sambil mengingatkan diri kita untuk mengulangi napas tersebut juga membantu.

Penulis sekaligus pendiri of Hammond Psychology & Associates, P.A, Nekeshia Hammond, PsyD, menyarankan untuk mengambil napas dalam-dalam ketika kita merasa dilanda panik. Cara sederhana ini dapat memulihkan dan merevitalisasi suasana hati dan tingkat energi seseorang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.