Ketika Batuk Melanda, Coba 9 Obat Batuk Alami Ini

Kompas.com - 15/04/2020, 15:25 WIB
Ilustrasi madu Dok.ShutterstockIlustrasi madu
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bisa dikatakan, pilek, flu, dan batuk adalah tiga serangkai penyakit musiman yang tidak bisa dipisahkan. Saat batuk melanda, tentunya Anda akan merasa sangat tersiksa, terutama di malam hari saat batuk bertambah parah.

Meskipun umumnya tidak berbahaya, tetapi batuk dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kita merasa kesal.

Bila obat batuk di apotek habis atau ingin mencoba alternatif alami, Anda dapat menggunakan obat batuk alami yang tersedia di rumah ataupun supermarket.

Apa saja obat batuk alami yang bisa dicoba?

Obat batuk alami bisa digunakan sebagai alternatif dari obat batuk di apotek yang dibuat dari kandungan senyawa kimia yang dapat menimbulkan efek samping berupa mengantuk. Berikut adalah beberapa obat batuk alami yang bisa dicoba.

1. Air

Jangan melihat terlalu jauh, segelas air yang berada di genggaman Anda bisa membantu meringankan batuk, mengatasi tenggorokan kering, dan mengencerkan dahak. Minum air yang hangat juga dapat memberikan rasa nyaman di tenggorokan.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan Rutin Minum Air Hangat

2. Uap

Menghirup uap dari air panas dapat menjadi salah satu obat batuk alami yang membantu meringankan batuk. Anda dapat menambah beberapa minyak esensial, seperti peppermint ke dalam air panas.

3. Air garam

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X