Kompas.com - 15/05/2020, 18:41 WIB
Ilustrasi kopi hijau shutterstockIlustrasi kopi hijau
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sejak dipromosikan oleh Dr. Oz, dokter Amerika yang sangat terkenal berkat acara televisinya, ekstrak kopi hijau mulai digunakan oleh banyak orang. Terutama sebagai suplemen untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, kopi hijau juga dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari membantu mencegah diabetes, menurunkan hipertensi, serta mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Bagaimanakah fakta-fakta sebenarnya tentang manfaat kopi hijau tersebut?

Kopi hijau vs kopi biasa

Kopi hijau sebenarnya adalah biji kopi yang belum dipanggang. Ketika dipanggang, warnanya akan menjadi coklat seperti biji kopi yang biasa kita minum.

Biji kopi mengandung antioksidan, kafein, dan asam klorogenat. Kandungan terakhir ini adalah zat yang dipercaya bisa membantu dalam penurunan berat badan dan mengatasi penyakit. Sayangnya, sebagian besar asam klorogenat hilang saat biji kopi dipanggang.

Minum kopi biasa yang mengandung kafein, dapat meningkatkan metabolisme tubuh antara 3-11%.

Nah, konsumsi kopi hijau dipercaya akan menambah manfaat ini karena asam klorogenat dapat mengurangi penyerapan karbohidrat di saluran pencernaan. Berkat itu, kopi hijau lebih cepat mengurangi berat badan sekaligus menurunkan kadar gula darah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bagaimana Membuat Kopi Jadi Lebih Sehat

Kopi hijau sebagai suplemen diet

Penelitian mengenai efek kopi hijau terhadap manusia sudah beberapa kali dilakukan. Salah satunya, studi selama 12 minggu yang diikuti oleh 30 partisipan dengan berat badan berlebih.

Partisipan dibagi menjadi dua kelompok. Semuanya tidak diminta untuk mengubah gaya hidup, baik pola makan maupun aktivitas fisiknya.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.