Yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan Kualitas Pernikahan

Kompas.com - 30/05/2020, 13:20 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Walau pernikahan kita dengan pasangan terasa baik-baik saja, perlu rasanya meluangkan waktu guna mengevaluasi relasi kita. Dengan begitu, akan selalu ada peningkatan kualitas yang akhirnya memperkuat ikatan.

Hubungan pernikahan yang sudah berlangsung lama biasanya akan gampang dilanda rasa bosan atau getaran cinta yang mulai padam sehingga rentan godaan. 

Berikut 10 kiat yang bisa dilakukan untuk memperkuat hubungan dengan pasangan:

1. Hitung sampai tiga

Setiap pasangan pasti pernah berselisih paham, tetapi agar pertengkaran tidak memas, bahkan sampai mengeluarkan kata yang akan disesali, cobalah "mantra 123". Maksutnya, hitung sampai tiga sebelum kita mengucapkan perkataan yang menyakiti orang lain. Biasanya kita akan lebih tenang dan batal mengucapkannya.

 

2. Berpikir sebelum bertindak

Rutinitas dan aktvitas yang padat terkadang membuat kita stres sehingga tidak berpikir rasional.  Melatih kesadaran untuk berada pada saat ini dan menyadari sepenuhnya apa yang sedang kita rasakan dapat membantu menghindarkan diri dari pertengkaran penuh emosi.

Baca juga: Mengapa Pria Cari Pasangan Selingkuh? Ini 7 Kemungkinannya

3. Jangan langsung menyimpulkan

Hal yang paling penting dalam suatu hubungan adalah komunikasi, karenanya penting untuk mengenal pasangan luar dalam. Tentu saja untuk mencapainya diperlukan komunikasi yang lancar, obrolan yang mendalam tentang keinginan, harapan, hingga ketakutan yang dirasakan masing-masing.

Komunikasi yang lancar juga akan mengurangi kemungkinan menyimpulkan sendiri suatu masalah ketika melihat sesuatu yang tidak disukai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber fustany
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X