Minum Cuka Sari Apel di Pagi Hari Bantu Pangkas Berat Badan, Benarkah?

Kompas.com - 12/06/2020, 14:57 WIB
ilustrasi cuka apel shutterstockilustrasi cuka apel

KOMPAS.com - Ada sekian banyak tips dan trik yang membahas tentang bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat sambil membersihkan tubuh.

Namun, tak jarang penjelasan yang diberikan tidak berdasar, dan terbukti tidak efektif.

Nah, meminum cuka sari apel di pagi hari dengan perut kosong adalah salah satu praktik yang  disebut bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Tips Mencoba Cuka Apel untuk Diet Langsingkan Tubuh

Jillian Kubala, seorang Ahli Diet Terdaftar yang berbasis di Westhampton, New York, Amerika Serikat memberikan pendangannya.

Jillian yang memegang gelar master dalam bidang nutrisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Stony Brook juga adalah sarjana di bidang ilmu gizi.

Dia mengatakan, ada orang yang berpandangan, meminum cuka apel di pagi hari bisa mengurangi rasa lapar, dan membuang racun dari sistem tubuh.

Meskipun penelitian terbatas menunjukkan cuka mungkin memiliki efek menguntungkan pada tingkat kelaparan dan komposisi tubuh, namun kenyataannya jauh dari meyakinkan.

Lagi pula, kata Jillian, sebagian besar kesimpulan dalam penelitian tersebut terjadi pada hewan, bukan manusia.

Baca juga: Ternyata, Cuka Apel Tak Bantu Turunkan Berat Badan

Beberapa penelitian pada manusia menunjukkan suplemen dengan cuka sari apel dapat membantu menekan nafsu makan.

Metode ini pun memiliki efek menguntungkan sederhana pada penurunan berat badan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X