Bukan Hanya Enoki, Ini Jenis Jamur yang Bisa Dimakan

Kompas.com - 26/06/2020, 10:46 WIB
Ilustrasi jamur shutterstockIlustrasi jamur
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jamur merupakan makhluk yang tergolong ke dalam kingdom Fungi, sehingga tak masuk ke dalam kelompok tumbuhan maupun hewan. Ada banyak jenis jamur yang bisa ditemukan. Beberapa di antaranya bisa dimakan dan bernutrisi tinggi.

Nah, hari-hari ini banyak orang membicarakan jamur enoki, jamur berwarna putih berbentuk seperti batang panjang dengan bulatan di atasnya.

Sayangnya orang membicarkan jamur enoki karena disebut sebagai penyebab wabah listeria di Amerika Serikat pada Maret-April 2020.

Pemerintah Indonesia pun melakukan uji coba terhadap jamur enoki yang berasal dari perusahaan Korea Selatan. Ternyata diketahui bahwa jamur enoki tersebut mengandung bakteri Listeria monocytogenes. Jamur jenis ini pun ditarik dari pasaran dan dimusnahkan.

Baca juga: Mengenal Manfaat Jamur Enoki

Namun, bagaimana kalau terbiasa masak pakai jamur enoki? Apakah ada bahan pengganti lain? Berikut ini jenis jamur yang bisa dimakan:

1. Jamur shiitake

jamur shiitakeshutterstock.com jamur shiitake
Shiitake merupakan salah satu jamur yang populer di dunia. Berasal dari Asia Timur, jamur ini kaya nutrisi dan khasiat kesehatan. Dilaporkan bahwa jamur shiitake membantu menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan imun, hingga berpotensi untuk melawan sel kanker.

Jamur shitake memang terdiri dari banyak zat yang dapat menutrisi tubuh. Kandungan asam amino pada jamur shitake sama jumlahnya dengan yang terkandung pada daging sapi. Asam amino memainkan peranan penting pada tubuh yang memengaruhi protein dan hormon.

Sebagai makanan, jamur shitake dapat menjadi asupan yang sarat gizi, mulai dari karbohidrat, berbagai jenis vitamin B, serat, zat besi, hingga selenium yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Jumlah senyawa bioaktif dalam shiitake tergantung pada lokasi dan cara jamur ditanam, disimpan, dan disiapkan.

Jamur shiitake juga memiliki potensi khasiat untuk menguatkan tulang, serta memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X