Kompas.com - 15/07/2020, 09:01 WIB
Tamu undangan mengucapkan selamat kepada pasangan pengantin dalam simulasi pernikahan di era normal baru di Jakarta, Kamis (9/7/2020). Simulasi itu dilakukan dengan protokol COVID-19 yang ketat. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYTamu undangan mengucapkan selamat kepada pasangan pengantin dalam simulasi pernikahan di era normal baru di Jakarta, Kamis (9/7/2020). Simulasi itu dilakukan dengan protokol COVID-19 yang ketat.

KOMPAS.com - Setelah pesta pernikahan dan bukan madu selesai, setiap pasangan akan kembali pada realita kehidupan. 

Sekalipun kamu dan pasangan sudah pacaran cukup lama, pernikahan tetaplah merupakan hal baru yang penuh tantangan, terutama pada tahun pertama pernikahan.

Mengapa momen tersebut seringkali terasa begitu sulit?

1. Memiliki banyak tanggung jawab

Menikah bukanlah hanya tentang pesta, pakaian baru, perhiasan, dan kebahagiaan, tetapi juga ada banyak tanggung jawab yang mengikuti. Sehingga kamu perlu bijak membagi tanggung jawab terhadap keluarga, pasangan dan pekerjaan lainnya. Belum lagi sebagian orang merasakan tuntutan lebih karena harus membahagiakan mertua mereka.

Baca juga: Pakar Unpad: Angka Pernikahan Dini Melonjak Selama Pandemi

2. Lingkungan baru

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah menikah kamu perlu menyesuaikan diri di tempat tinggal baru bersama pasangan. Apalagi jika kamu dan pasangan tinggal di rumah mertua. Proses adaptasi yang tidak lancar bisa membawa tantangan baru.

3. Budaya dan kebiasaan baru

Karena tinggal di tempat yang baru, maka kamu juga akan menyaksikan budaya dan kebiasaan yang berbeda. Tentu saja semua itu tidak selalu meninggalkan kesan baik, mungkin saja ada beberapa aspek yang tidak kamu sukai. 

4. Ekspektasi mertua dan pasangan

Pasangan dan mertua mungkin memiliki ekspektasi lebih terhadapmu sebelumnya. Misalnya, mereka mungkin ingin cepat memiliki anak atau cepat belajar mengurus rumah tangga . Semua ekspektasi itu lama-kelamaan bisa membuatmu lelah dan hari-hari pun menjadi lebih berat daripada sebelumnya.

Baca juga: Kebiasaan Mengecek Ponsel Pasangan, Baik atau Buruk?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.