Kompas.com - 25/07/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi buah ara digitalgeneticsIlustrasi buah ara
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Buah tin atau yang biasa juga disebut sebagai buah ara maupun buah fig, adalah buah memiliki banyak manfaat, termasuk untuk meningkatkan keperkasaan pria.

Buah ini dinilai manjur sebagai salah satu makanan aphrodisiac atau makanan yang punya kemampuan untuk memicu datangnya gairah seksual.

Meski begitu, kita perlu ingat untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak. Sebab, sama seperti makanan lainnya, buah ini juga memiliki risiko efek samping yang bagi sebagian orang bisa berbahaya.

Sudah sejak lama buah tin dipercaya sebagai buah yang bisa meningkatkan hasrat seksual. Tanaman ini memang dekat dengan beberapa budaya, sehingga sering digunakan untuk banyak keperluan. Bahkan daun buah tin digunakan untuk menutupi area kelamin di lukisan-lukisan yang dibuat ratusan tahun yang lalu.

Sementara dari sisi medis, pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, campuran antara buah tin, tanaman fumitori, dan kayu manis cina terbukti memiliki efek afrodisiak.

Hewan yang mendapatkan campuran ketiganya tercatat mengalami kenaikan aktivitas seksual dibandingkan dengan grup kontrol yang tidak menerima perlakuan tersebut.

Namun, penelitian ini belum pernah dilakukan pada manusia, sehingga kita tetap perlu menyikapi informasi secara bijak.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Benarkah Afrodisiak dapat Merangsang Gairah Seksual?

Hubungan antara buah tin dengan disfungsi ereksi atau lemah syahwat pada pria juga dapat dilihat dari kemampuannya untuk menjaga kadar gula darah normal di tubuh, dan membantu menstabilkan tekanan darah.

Pria yang mengidap diabetes, berisiko lebih tinggi mengalami gangguan seksual karena tingginya kadar gula dalam darah bisa merusak pembuluh darah dan saraf, termasuk yang ada di penis, sehingga membuatnya sulit untuk ereksi. Tekanan darah tinggi juga bisa memberikan efek serupa untuk keperkasaan pria.

Namun perlu diingat bahwa manfaat tanaman tin ini lebih banyak didapatkan dari daunnya. Buah tin memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, terutama yang sudah dikeringkan. Sehingga, kita perlu lebih berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Baca juga: Awas, 7 Makanan Ini Bisa Menurunkan Gairah Seks Pria

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X