8 Buah dan Sayuran yang Lebih Berkhasiat Dikonsumsi Mentah

Kompas.com - 27/07/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi sayuran beku ditumis agar rasa lebih enak. SHUTTERSTOCK/ARTCOOKSTUDIOIlustrasi sayuran beku ditumis agar rasa lebih enak.

KOMPAS.com - Sayur dan buah sangatlah baik untuk kesehatan serta rendah kalori. Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang mengonsumsinya dengan cara diolah terlebih dahulu, misalnya dengan cara direbus atau ditumis.

Padahal, beberapa sayur dan buah terbukti secara ilmiah memberi lebih banyak manfaat jika dikonsumsi mentah. Apa saja jenis sayur dan buah yang dimaksud?

1. Brokoli

Sebagian dari kita mungkin baru mengetahui fakta ini bahwa brokoli idealnya dimakan dalam kondisi mentah alih-alih dimasak terlebih dahulu.

Brokoli mengandung antioksidan sulforaphane tinggi, yang membantu mencegah sejumlah penyakit, seperti kanker, diabetes tipe 2, penyakit jantung, peradangan, depresi, dan kondisi berbahaya lainnya.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural Food and Chemistry pada 2008 lalu menemukan bahwa tubuh kita menyerap sulforaphane lebih cepat ketika brokoli dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Baca juga: Jaga Kesehatan Saluran Cerna dengan Rutin Makan Brokoli

Studi lainnya yang dipublikasikan pada 2009 menemukan bahwa memasak sayuran dalam beberapa cara, termasuk direbus dan tumis, bisa menurunkan kadar vitamin C di dalamnya.

Jika Anda tidak biasa mengonsumsi brokoli dalam kondisi mentah, cobalah dengan mengukus brokoli. Kukus adalah metode pemasakan yang efeknya paling sedikit terhadap kandungan nutrisi.

Ilustrasi bawang bombai. Dok. Shutterstock/NUM LPPHOTO Ilustrasi bawang bombai.

2. Bawang bombai

Bawang memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung antioksidan flavonoid yang bernama quercetin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X