Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2020, 16:05 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak dari kita yang belum berani berolahraga di gym alias pusat kebugaran. Kondisi seharusnya tak membuat latihan pembentukan otot tak berhenti walau berlatih di rumah.

Alat-alat kardio mesin, kabel hingga lemari penuh dumbbell dan barbel mungkin sulit untuk direplikasi di rumah.  Lalu, latihan kekuatan apa saja yang mudah dilakukan di rumah?

1. Variasi beban

Latihan dengan beban berat hampir sulit dilakukan di rumah jika kita tidak memiliki ruang gym sendiri.

Menurut pelatih kekuatan dan kondisi, Mike Boyle, beban berat menantang tubuh untuk beradaptasi dan menjadi lebih kuat, sehingga sulit melatih kekuatan tanpa beban yang berat. Namun, bukan berarti itu mustahil.

Cara termudah untuk meningkatkan tantangan saat latihan tanpa beban berat adalah dengan menambah volume latihan, yakni dengan menambahkan lebih banyak repetisi atau set.

Sangat mungkin meningkatkan kekuatan hanya dengan melakukan bodyweight movements (latihan dengan beban tubuh), namun cara itu membutuhkan tingkat kebugaran sedang untuk menjaga latihan dengan form yang tepat

"Jika Anda sangat bugar dan bisa melakukan ratusan push up atau chin up, hal itu bisa dilakukan. Namun orang rata-rata akan cukup kesulitan melakukannya," kata Boyle, seperti dilansir Insider.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Latihan Angkat Beban

Cara lainnya untuk menambah beban latihan adalah melakukan variasi gerakan, dari berdiri dua kami menjadi satu kaki. Misalnya, melakukan deadlift dengan satu kaki dan satu kaki lainnya ke belakang paralel dengan tanah.

Jika memungkinkan, berinvestasi lah dengan beban ringan atau beban yang bisa disesuaikan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com