Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2020, 23:24 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Ketika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, bukan berarti kamu hanya boleh mengonsumsi sedikit roti panggang dan telur rebus.

Kamu justru membutuhkan sarapan yang mengenyangkan yang dapat memenuhi kebutuhan energi tubuh untuk beraktivitas seharian.

“Saya lebih suka menerapkan pola makan seimbang yang fokus pada nutrisi berkualitas tinggi,” kata ahli diet Julia Zumpano, RD, LD.

Baca juga: Ingin Menurunkan Berat Badan Puluhan Kg, Harus Mulai dari Mana?

Apakah makan sarapan membantu menurunkan berat badan?

Sarapan sering disebut sebagai waktu makan paling penting dalam sehari, tetapi peran spesifiknya dalam penurunan berat badan siap untuk diperdebatkan.

Beberapa penelitian telah menemukan, bahwa orang yang makan sarapan besar membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, sementara yang lain menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan akhirnya makan lebih sedikit kalori dalam sehari.

Jadi hal terbaik yang harus dilakukan, kata Zumpano, adalah mengikuti petunjuk rasa lapar. Jika nafsu makan meningkat dan kamu bersiap untuk pergi di pagi hari, maka harus sarapan.

Apa yang tidak boleh dimakan untuk sarapan?

Jika kamu sedang mencoba menurunkan berat badan, yang terbaik adalah menghindari karbohidrat berat dan rafinasi, terutama di pagi hari.

“Makanan yang dipanggang seperti donat dan muffin mengandung banyak gula, lemak jahat, dan tinggi kalori,” kata Zumpano.

"Juga, jika kamu memulai hari liburmu dengan sesuatu yang manis, kamu lebih mungkin menginginkan makanan-makanan manis sepanjang hari," katanya. "Gula sangat membuat ketagihan dan sulit dikendalikan."

Berbicara tentang gula, jangan lupakan minuman yang dikonsumsi. Jus jeruk dengan gula dan kopi susu manis dapat membuat kamu mengonsumsi banyak kalori dan gula. Jadi sebaiknya, hindari itu.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan yang Naik Selama Pandemi Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com