Solusi Cerdas Mendampingi Anak di Masa Pandemi

Kompas.com - 04/08/2020, 16:32 WIB
ilustrasi anak belajar shutterstockilustrasi anak belajar
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pandemi membuat pemerintah di beberapa daerah di tanah air menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna menekan angka penyebaran Covid-19.

Karena itu pula, terjadi perubahan dalam kegiatan belajar mengajar. Anak tidak lagi pergi ke sekolah, melainkan mengikuti pembelajaran jarak jauh atau belajar online.

Akan tetapi, banyak orangtua mengaku stres saat mendidik anaknya di rumah, menurut Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky Widyani Kartiwa.

"Ayah dan ibu berperan sebagai orangtua sekaligus pendidik. Tapi banyak orangtua tidak nyaman dan stres dalam mendidik anaknya. Orangtua juga terlalu lama berdiam diri di rumah, dan ada beban ekonomi."

Begitu kata Vicky dalam webinar "Solusi Cerdas Mendampingi Anak Selama Masa Pandemi" pada Selasa (4/8/2020) pagi.

Di samping itu, menurut Vicky, tidak banyak orangtua yang bisa mendidik anak dengan cara efektif dan efisien.

"Karena itu, kami dari Perempuan Jenggala berinisiatif akan meluncurkan Program Peduli e-Learning sebagai bentuk kepedulian terhadap pelajar, khususnya di wilayah pelosok yang terkena dampak pandemi."

Baca juga: Tips Mendampingi Anak yang Cemas Ujian

Kisah Ussy Sulistiawaty saat mendampingi anak belajar

Sementara itu, aktris Ussy Sulistiawaty mengaku di luar kesibukannya bekerja, ia harus membimbing ketiga anaknya yang mengikuti sekolah secara online di rumah.

"Awalnya aku kaget, mana mungkin anak bisa sekolah online dengan pelajaran yang sulit. Tapi lama-lama, aku sadar kalau kita harus berdamai dengan keadaan sekarang," ujar dia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X