Kompas.com - 23/08/2020, 13:55 WIB
Ilustrasi vitamin C SHUTTERSTOCK/PixelblissIlustrasi vitamin C

KOMPAS.com - Kalsium dan vitamin D merupakan mikronutrien yang berfungsi menjaga tulang kita tetap dalam kondisi prima.

Keduanya juga mencegah osteoporosis, kondisi di mana tulang kita menjadi lemah dan rapuh.

Namun, berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Nutrients, kita juga perlu memenuhi asupan vitamin C untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Baca juga: Kulit Kering hingga Gusi Berdarah, Tanda Anak Kekurangan Vitamin C

Para peneliti meninjau 66 studi yang diterbitkan antara tahun 2000-2020 terkait vitamin C (juga dikenal sebagai asam askorbat), antioksidan, pertumbuhan dan penyerapan tulang, osteoporosis, dan pengeroposan tulang.

Peneliti menemukan, vitamin C memiliki efek positif pada pertumbuhan dan penyerapan tulang, dan hal itu membantu mencegah osteoporosis.

Mereka juga mencatat, asam askorbat atau vitamin C tidak dapat menggantikan manfaat dari terapi penggantian estrogen dan suplemen kalsium, namun sifatnya sebagai pelengkap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vitamin C adalah antioksidan penting yang terlibat pada fungsi dan beberapa sel di dalam tubuh, menurut Kacie Vavrek, RD, ahli diet olahraga di Ohio State University Wexner Medical Center, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Melansir Runner's World, Vavrek mengatakan penelitian sebelumnya menunjukkan vitamin C memiliki efek positif pada pembentukan tulang dengan merangsang kolagen protein di tulang, dan menyebabkan peningkatan kepadatan mineral tulang.

Baca juga: Tak Hanya Jeruk, Ini 7 Buah dan Sayur Tinggi Vitamin C

Vitamin C juga digunakan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan, termasuk tendon, ligamen, dan pembuluh darah, serta membantu penyerapan zat besi.

"Studi telah menunjukkan mereka yang memiliki asupan vitamin C lebih tinggi memiliki risiko patah tulang lebih rendah, termasuk patah tulang pinggul," ujar Vavrek.

"Asupan yang cukup akan memastikan kita meningkatkan pembentukan dan kekuatan tulang."

Asupan vitamin C harian yang direkomendasikan bagi pria dan wanita masing-masing 90 mg dan 75 mg.

Selain meningkatkan kesehatan tulang, vitamin C juga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Namun Vavrek menyarankan agar kita tidak mengonsumsi vitamin C dalam jumlah berlebihan.

"Meskipun asupan vitamin C lebih banyak dari yang direkomendasikan dapat bermanfaat, dosis tinggi vitamin C harus dihindari, karena menyebabkan lebih banyak hal buruk dibandingkan hal baik," katanya.

Baca juga: Konsumsi Vitamin C Dosis Tinggi untuk Cegah Virus Corona Tak Berguna

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.