Kompas.com - 09/09/2020, 08:04 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Apakah Anda sering merasakan sensasi terbakar di kaki? Jangan anggap remeh karena rasa terbakar di telapak kaki bisa disebabkan oleh penumpukan asam urat yang tinggi di dalam tubuh alias asam urat (gout).

Sensasi panas atau hangat di persendian tersebut tidak lain adalah efek dari proses peradangan akibat kristal yang terbentuk di sendi-sendi.

Gejala lain adalah nyeri sendi tak tertahankan. Nyeri tersebut berasal dari munculnya kristal urat di sendi akibat kondisi kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah.

Ketika protein bernama purin meningkat dalam tubuh, itu menyebabkan peningkatan asam urat. Protein itu dibuat oleh tubuh kita sendiri dan juga ada di beberapa jenis makanan. 

Ketika kadar asam urat menjadi terlalu tinggi, ginjal sulit untuk menyaringnya dari darah kita, yang dapat menyebabkan penumpukan racun dalam darah.

Baca juga: 9 Cara Mencegah Asam Urat

Untuk mencegahnya, lakukan hal berikut ini:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Batasi makanan non-vegetarian

Menurut pakar kesehatan, orang yang mengonsumsi makanan non-vegetarian lebih berisiko asam urat tinggi. Makanan laut dan daging merah harus dihindari secara khusus jika seseorang menderita masalah tersebut. Konsultasikan dengan dokter makanan apa yang harus dihindari dan penggantinya agar tubuh tidak kekurangan nutrisi.

2. Kurangi terlalu banyak protein

Orang yang menderita asam urat tinggi biasanya memiliki pola makan terlalu banyak protein.
Tubuh memang tidak boleh kekurangan protein, tapi batasi jenis makanan dengan kadar purin tinggi seperti seafood (tuna, kerang, dan ikan sardin). Walau begitu, konsumsi ikan memberi lebih banyak manfaat ketimbang bahaya, jadi batasi saja konsumsinya.

Baca juga: 5 Pilihan Makanan Nabati dengan Kandungan Protein Setara Daging

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X