Cara Mengatasi Mimisan dengan Tepat dan Cepat

Kompas.com - 18/09/2020, 14:49 WIB
Ilustrasi mimisan shutterstockIlustrasi mimisan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mimisan atau keluarnya darah dari hidung memang kerap membuat kita panik. Tak heran, masih banyak orang bingung dan keliru saat melakukan pertolongan pertama pada mimisan.

Ketika mimisan, kebanyakan orang malah berbaring, mendongakkan kepala ke belakang, atau menyumpal lubang hidung dengan tisu. Padahal, langkah tersebut tidaklah benar. Lantas, bagaimana pertolongan pertama mimisan yang tepat dan cepat?

Epistaksis atau dikenal oleh orang awam dengan istilah mimisan adalah kondisi ketika keluar darah dari dalam hidung.

Mimisan dapat disebabkan oleh adanya gangguan, seperti kebiasaan mengupil, menarik atau menghembuskan napas terlalu keras, atau kondisi di mana bagian dalam hidung yang terlalu kering karena perubahan suhu udara.

Biasanya, darah yang mengalir berasal dari salah satu atau kedua lubang hidung. Kondisi ini dapat tergolong ringan hingga berat, serta berlangsung dari beberapa detik hingga 15 menit atau lebih.

Mimisan dapat terjadi pada siapa saja. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, hingga orang lanjut usia. Pada kasus tertentu, mimisan juga dapat disebabkan oleh masalah pada hidung bagian yang sangat dalam dan umum terjadi pada orang dewasa. Misalnya, karena:

  • Cedera atau patah hidung
  • Tekanan darah tinggi
  • Kondisi yang memengaruhi pembuluh darah atau gangguan pembekuan darah
  • Efek samping konsumsi obat-obatan tertentu, seperti warfarin

Meski dapat mengancam nyawa, mimisan jarang sekali menandakan adanya gejala kondisi medis yang serius. Kita pun dapat melakukan langkah pertolongan pertama mimisan dengan tepat dan cepat di rumah.

Baca juga: Yang Harus Dilakukan Saat Anak Mimisan

Langkah-langkah pertolongan pertama mimisan dengan tepat dan cepat

Berbaring, mendongakkan kepala ke belakang, atau menyumpal lubang hidung dengan tisu bukanlah cara yang benar untuk menolong penderita mimisan.

Alih-alih menghentikan perdarahan, cara tersebut justru membuat darah tetap keluar dari hidung atau berbalik menutup saluran pernafasan.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X