Kompas.com - 14/10/2020, 19:57 WIB

KOMPAS.com - Kelebihan berat badan kerap dikaitkan dengan banyak dikaitkan dengan urusan kesehatan. 

Padahal, berat badan belum tentu bisa menjadi patokan atau ukuran yang tepat untuk mengukur kondisi kesehatan seseorang. 

Lalu, proses penurunan berat badan pun belum tentu membuat kita langsung menjadi orang yang lebih sehat.

Sebab, di luar berat badan, ada faktot-faktor lain yang patut dijadikan pertimbangan.

Baca juga: Mau Turunkan Berat Badan dengan Sehat dan Awet? Begini Caranya...

Misalnya, soal bagaimana kondisi mental kita? Kemudian, apakah makanan yang kita konsumsi berimbang? Atau, apakah kita menjalani pemeriksaan kesehatan rutin?

Dr Loneke Blackman Carr, asisten profesor untuk bidang nutrisi dan kesehatan masyarakat di University of Connecticut, Amerika Serikat, mengungkapkan pandangannya tentang hal ini. 

Dia mengatakan, memiliki bobot tubuh yang berat memang akan membuat jantung bekerja lebih keras, dan lalu berimbas juga dengan tekanan pada arteri dan persendian.

“Memiliki kelebihan lemak di tubuh juga dapat menyebabkan peradangan,” tambah Myo Nwe, MD, spesialis penyakit dalam yang berbasis di Carolina Selatan.

Seiring waktu, peradangan internal dapat menyebabkan efek samping yang meliputi penyakit kronis, seperti diabetes tipe II dan penyakit jantung.

Jadi, untuk tahu apakah kita berisiko terserang penyakit karena kelebihan berat badan, adalah dengan mengunjungi dokter ahli gizi untuk mengetahui hasil yang valid.

Baca juga: Turunkan Berat Badan 9,5 Kg Cuma 2,5 Bulan, Mau Tiru?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.