Sulit Tidur karena Cemas di Masa Pandemi? Simak 8 Tips Ini

Kompas.com - 21/10/2020, 21:19 WIB
Ilustrasi insomnia amenic181Ilustrasi insomnia
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kecemasan dan stres yang diakibatkan oleh pandemi virus Covid-19 dapat menyebabkan kurang tidur, terutama bagi mereka yang didiagnosis memiliki masalah kesehatan mental.

Semua perubahan dalam rutinitas akibat pandemi ini membuat stres dan siklus tidur pun terganggu.

Padahal kurang tidur memiliki konsekuensi yang merusak fisik, mulai dari menurunkan sistem kekebalan tubuh hingga masalah kardiovaskular.

Ditambah lagi, kurang tidur dapat memperburuk kecemasan dan mempersulit pengaturan emosi kita selama jam-jam bangun yang menambah stres.

Jadi, bagaimana kita bisa tidur saat sedang mengalami kecemasan kronis?

Simak strategi untuk dapat tidur dengan baik di masa pandemi yang dilansir dari Huffpost berikut ini.

1. Gangguan tidur itu normal

Seorang psikolog di Tampa, Florida, Sarah Silverman mengatakan, bahwa terbangun di malam hari adalah respon normal terhadap stres.

Maka, masuk akal jika banyak dari kita mungkin tidur lebih sedikit dari biasanya.

Namun, kita perlu mengingatkan pada diri sendiri untuk mengurangi kecemasan sehingga tidak menambah stres yang sudah membangunkan tidur kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Huffpost
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X