Kompas.com - 02/11/2020, 17:11 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com – Menjaga sistem pencernaan tetap sehat sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Alasannya karena 70 persen sistem imunitas berada di saluran pencernaan.

Sayangnya ada beberapa kebiasaan yang tidak disadari dapat mengganggu kesehatan sistem pencernaan. Hal ini dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Berikut tujuh kebiasaan tersebut seperti dilansir dari The Statesman.

1. Diet tidak sehat

Mengonsumsi makanan olahan, junk food, atau pola makan tinggi karbohidrat, gula, garam dan lemak dapat menyebabkan sistem pencernaan tidak sehat.

Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut rendah nutrisi, serat, dan kandungan air sehingga memperlambat proses pencernaan dan membuat perut kembung.

Saat menyerap makanan, usus membutuhkan air dan serat. Apabila jumlah serat dan air tidak mencukupi, maka bisa menyebabkan pencernaan yang buruk dan sindrom iritasi usus besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Membersihkan Usus Agar Pencernaan yang Lebih Sehat

2. Makan berlebihan

Makan berlebihan dapat memperlambat proses pencernaan. Artinya makanan tetap berada di perut untuk jangka waktu yang lebih lama dan cenderung berubah menjadi lemak.

Kondisi ini membuat makanan rusak dan tidak bisa dicerna dengan baik. Pada akhirnya hal ini dapat mengakibatkan berbagai masalah seperti mulas, refluks asam, muntah, dan mual.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.