Kompas.com - 02/11/2020, 19:46 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Berbagai studi mengenai hubungan antara diet intermiten dan dampaknya terhadap penurunan berat badan sudah banyak dilakukan. Hasil sebagian besar studi relatif sama, yakni diet puasa dapat membantu menurunkan berat badan.

Belum lama ini studi yang diterbitkan di jurnal JAMA meninjau diet puasa yang waktu makannya dibatasi dan efeknya terhadap penurunan berat badan pria dan wanita. Studi itu menyebut diet ini berpotensi mengurangi massa otot, bukan lemak.

Monique Tello, M.D., MPH, dokter di Massachusetts General Hospital, Amerika, mengatakan banyak yang salah mengartikan studi tersebut. 

Dr. Tello, yang juga direktur penelitian di Harvard Medical School tidak terlibat dalam studi ini.

Sebagai informasi, studi yang diterbitkan di jurnal JAMA itu menguji 141 pasien yang kelebihan berat badan selama 12 minggu. 

Baca juga: Penelitian Ungkap Puasa Intermiten Berisiko Kurangi Massa Otot

Sebagian orang diminta menjalani diet intermiten yang dibatasi waktu, sementara kelompok lain mengikuti pola makan tradisional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tello mengatakan, tidak ada kelompok kontrol dalam studi ini karena setiap partisipan diberi jadwal makan tertentu. Sedangkan kelompok kontrol seharusnya tidak diberi panduan atau aturan.

Kedua kelompok berhasil menurunkan berat badan, namun studi mengungkap kelompok diet intermiten kehilangan berat badan lebih banyak, termasuk massa otot. Hal itu tidak terlihat pada partisipan yang mengikuti pola makan tradisional.

Di dalam unggahannya, Tello mengatakan studi tersebut tidak menjelaskan kualitas makanan yang dikonsumsi kedua kelompok.

"Setiap orang bisa saja mengonsumsi gorengan atau makanan cepat saji, soda manis dan permen, kita tidak tahu," tulis Tello di Harvard Health.

Baca juga: Kondisi yang Berbahaya untuk Melakukan Diet Puasa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.