Cara Sederhana untuk Menjaga Kebersihan Rumah

Kompas.com - 23/11/2020, 14:11 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi membersihkan rumah.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Rumah adalah tempat tinggal yang seharusnya membikin penghuninya nyaman. Karena itu, sudah sewajarnya kita rajin membersihkan rumah.

Rumah yang kotor atau berantakan akan memberi dampak negatif bagi kesehatan. Jika jarang dibersihkan, rumah bisa menjadi sarang virus atau bakteri.

Menurut Carolyn Forte, Cleaning Lab Director di Good Housekeeping Institute, membersihkan satu hingga dua sudut di rumah setiap hari dapat menghemat waktu dan mengurangi kuman serta bakteri berbahaya.

Membersihkan sudut-sudut rumah setiap hari juga perlu menggunakan alat yang tepat, seperti sabun dan air, sapu, serta semprotan disinfektan.

Hal ini akan membuat beban pekerjaan rumahmu jauh lebih ringan di akhir pekan. Lalu bagian mana yang perlu mendapat perhatian lebih?

1. Bersihkan area pintu masuk rumah

Pintu masuk rumah adalah area yang sering dilewati orang. Namun, kita tidak harus mengepel area tersebut setiap hari agar bersih.

Letakkan sepatu yang kotor dan barang-barang lain di tempat khusus.

Lap permukaan atau semprotkan disinfektan di sekitar area pintu masuk rumah, seperti gagang pintu (tempat yang paling banyak disentuh saat masuk rumah).

Semprotkan produk disinfektan, diamkan selama waktu yang disarankan, lalu lap hingga kering.

Baca juga: 5 Kiat Membersihkan Rumah dari Penyebaran Virus dan Bakteri

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X