Kompas.com - 23/11/2020, 14:41 WIB
Ilustrasi Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi Covid-19

KOMPAS.com - Pengujian diri terhadap kemungkinan infeksi virus corona dilakukan banyak orang -baik untuk persyaratan kebutuhan tertentu, atau mungkin hanya untuk memastikan kondisi kesehatan. 

Sayangnya, ada kecenderungan dari sekelompok orang yang lantas merasa bisa bebas berkumpul saat mengetahui dirinya bebas dari infeksi virus tersebut. 

Perlu diingat, hasil negatif dari tes Covid-19 bukanlah jaminan kita bisa kembali "berpesta" dengan gaya "normal" seperti di masa lalu.

Baca juga: Sambut Normal Baru, Pengelola Mal Lakukan Rapid Test untuk Karyawan

Menurut Charles Bailey, MD, Direktur Medis di Rumah Sakit St. Joseph dan Rumah Sakit Misi di Orange County, California, Amerika Serikat, hasil tes negatif tak ubah seperti foto yang sudah ketinggalan zaman.

Pada dasarnya, kata Charles, hasil tes itu hanyalah cerminan yang memastikan apakah kita terinfeksi Covid-19 atau tidak, pada beberapa waktu, sebelum tes dilakukan.

Jadi, jika kita menjalani tes di hari Minggu -misalnya, lalu baru mendapatkan hasil di hari Selasa atau Rabu, kita bisa saja sudah tertular di hari Senin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dan dapat menular pada hari Jumat atau Sabtu nanti,” lanjut Charles.

“Kita bahkan bisa menjadi pembawa virus dan menjadi sakit hanya dalam beberapa jam setelah menerima hasil tes yang negatif,” kata Shruti Gohil, MD, MPH

Shruti adalah Direktur Epidemiologi, Pencegahan Infeksi, dan Penyakit Menular di Irvine School of Medicine, University of California.

Artinya, jika kita berencana untuk berpesta dan melanggar protokol kesehatan, masih ada kemungkinan kita dapat menulari orang lain, atau tertular dari orang lain.

Baca juga: Rapid Test Corona Tak Sama dengan Pemeriksaan Swab, Ini Penjelasannya

Halaman:


Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.