Benarkah Diet Berdasarkan Golongan Darah Terbukti Efektif?

Kompas.com - 03/12/2020, 11:27 WIB
Ilustrasi makanan di atas meja restoran. SHUTTERSTOCK/OLGA KLOCHANKOIlustrasi makanan di atas meja restoran.

 

KOMPAS.com - Beragam diet kini hadir untuk membantu mempercepat program penurunan berat badan. Salah satu jenis diet yang ada adalah diet berdasarkan golongan darah.

Diet golongan darah berasal dari buku 1996 Eat Right for Your Type oleh dokter naturopati Peter J. D’Adamo.

Gagasan di baliknya adalah bahwa respons tubuh terhadap makanan secara langsung terkait dengan golongan darah.

Penulis memberikan pedoman untuk orang dengan berbagai golongan darah berbeda, makanan yang sebaiknya dimakan, dan makanan yang harus mereka hindari.

Diet tersebut diklaim dapat membantu orang menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Bagaimana kisahnya?

Idenya tidak sepenuhnya orisinal. Pada 1960-an, ayah D'Adamo yang juga naturopath, James D'Adamo, berhipotesis bahwa golongan darah adalah salah satu faktor mengapa beberapa diet bekerja lebih baik pada orang tertentu.

Walau awalnya skeptis, tetapi saat mengerjakan tesisnya di Universitas Bastyr, Peter memutuskan untuk menguji teori ayahnya.

Menggunakan karakteristik yang diidentifikasi ayahnya di antara golongan darah, D'Adamo membuat program diet dan menerbitkan Eat Right for Your Type, yang telah terjual lebih dari tujuh juta eksemplar.

Pola makan menurut tipe darah

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X