Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 16/01/2023, 11:32 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Gangguan pada paru paru bisa berakibat fatal bagi tubuh. Ini karena fungsi paru paru sebagai alat pernapasan dan vital bagi kelangsungan hidup.

Beberapa hal seperti, kualitas udara yang buruk, lingkungan yang kotor, bakteri, kanker, hingga karena virus, bisa menjadi faktor penyebab gangguan kesehatan pada paru.

Kualitas udara di Indonesia yang buruk bisa menyebabkan salah satu masalah pernapasan yang umum diderita masyarakat yakni, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

ISPA bisa diderita oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Data Riskesdas 2018 dari badan kesehatan dunia WHO, bahkan menyebutkan bahwa ISPA adalah salah satu dari lima penyakit penyebab kematian.

Selain ISPA, ada beberapa penyakit lain yang juga disebut bisa mengganggu kesehatan pernapasan menurut dokter spesialis paru Dr. Andika Chandra Putra, di antaranya:

Baca juga: 6 Fakta Kualitas Udara Buruk Jakarta dan 3 Rekomendasi bagi Kita

1. Asma

Asma terjadi karena penyempitan saluran pernapasan yang membuat penderitanya merasa sesak napas hingga kesulitan bernapas.

Untuk melegakan pernapasan, melakukan terapi uap dengan nebulizer atau inhaler dapat membantu.

“Kita lapangkan saluran nafasnya dengan memberikan obat-obatan yang bersifat aeorosol. Bisa dengan pemberlian nebulizer ataupun obat-obat inhaler,” ujar Andika dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lampau.

Baca juga: Persalinan Caesar Bikin Bayi Berisiko Tinggi Sakit Asma

2. Pneumonia

Pneumonia atau radang paru memiliki gejala yang menyerupai flu. Penyakit ini menjadi penyebab kematian balita terbesar kedua di Indonesia. 

Menurut UNICEF, lebih dari 19 ribu balita di Indonesia meninggal akibat pneumonia pada 2018. Ini berarti, lebih dari dua anak meninggal setiap jamnya karena pneumonia.

Adapun penyebab utama penyakit ini adalah infeksi bakteri, virus, dan jamur.

Polusi udara merupakan 50 persen penyebab kematian anak akibat pneumonia. Perburukan penyakit ini terjadi karena kekebalan tubuh yang rendah.

IlustrasiFreepik Ilustrasi

3. Tuberkulosis (TB)

TB adalah penyakit infeksi yang menular dan biasanya menyerang paru-paru karena adanya bakteri mycobacterium tuberculosis.

Indonesia menduduki peringkat tiga sebagai negara dengan kasus TB terbanyak di dunia. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com