Kompas.com - 10/12/2020, 17:45 WIB
Ilustrasi golongan darah. ThinkstockIlustrasi golongan darah.

KOMPAS.com - Diet golongan darah mulai dikenal sejak awal dekade 90-an. Dalam pola ini disebut, pilihan makan untuk program diet seseorang bergantung pada golongan darahnya

Salah satu pencetus diet golongan darah tersebut adalah pegiat naturopati Peter D'Adamo. Dia yang meyakini golongan darah memengaruhi sistem pencernaan seseorang.

Namun, sebuah penelitian terbaru mengungkap golongan darah tidak membuat perbedaan dalam hal penurunan berat badan, metabolisme, dan kadar kolesterol pada tubuh.

Baca juga: Benarkah Diet Berdasarkan Golongan Darah Terbukti Efektif?

Hasil penelitian tersebut diterbitkan ke dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics pada 4 Desember lalu.

Dalam riset ini para peneliti Physicians Committee for Responsible Medicine and Yale School of Medicine meneliti 244 orang dewasa yang memiliki kelebihan berat badan.

Setengah peserta diberi diet vegan selama 16 minggu. Dari sana ditemukan pola makan vegan tinggi karbohidrat dapat meningkatkan metabolisme.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil tersebut pun diterbitkan bulan lalu di JAMA Network Open.

Kemudian, para peneliti melakukan analisis terpisah pada hasil uji coba tersebut untuk melihat apakah ada hasil berbeda berdasar golongan darah responden.

Ternyata, efek kesehatan dari pola makan nabati terbilang konsisten, terlepas dari golongan darah yang dimiliki para responden.

"Studi kami menunjukkan semua golongan darah mendapat manfaat sama dari pola diet vegan berdasarkan konsumsi buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.