Kompas.com - 16/12/2020, 15:43 WIB
Ilustrasi. buang air besar. shutterstockIlustrasi. buang air besar.

KOMPAS.com - Pengalaman sulit buang air besar (BAB) dialami oleh banyak orang dan bisa disebabkan oleh berbagai alasan.

Menurut ahli gastroentologi dan asisten profesor di Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee, AS, Baldeep S. Pabla, MD, frekuensi BAB setiap orang berbeda-beda, berkisar antara tiga kali seminggu hingga beberapa kali dalam sehari.

Namun, sebagian orang sulit menjaga rutinitas BAB mereka.

Padahal, menurut LiveStrong, BAB rutin akan memberi jalan untuk lebih makanan masuk ke dalam tubuh dan mengurangi kembung, sembelit dan gejala masalah pencernaan lainnya. Manfaat-manfaat tersebut terhambat ketika tubuh seseorang menahan tinja.

Oleh karena itu, penting untuk membentuk rutinitas BAB. Kabar baiknya, hal ini ternyata bisa dilatih dengan beberapa cara berikut:

1.Mengamati kebiasaan BAB
Jika Anda tidak mengetahui alasan jadwal BAB yang tidak lancar, para pakar menyarankan untuk mencatat waktu BAB Anda pada sebuah buku catatan.

Selain waktu BAB, catat juga kapan dan apa yang Anda makan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengamati kebiasaan ini selama beberapa minggu bisa membantu Anda memahami seperti apa gaya hidup dan kebiasaan Anda memengaruhi rutinitas BAB.

Anda juga bisa menyadari jika ada perubahan pola makan yang memengaruhi rutinitas BAB, misalnya jika pada suatu hari Anda makan sayur atau serat lebih banyak.

Baca juga: Untuk Tetap Sehat, Seberapa Sering Kita Harus BAB?

2. Kenali kapan tubuh memberi sinyal BAB
Hal ini sederhana, tapi di tengah kesibukan aktivitas harian, sangat mudah bagi siapa saja menunda waktu ke kamar mandinya, termasuk untuk BAB.

Halaman:


Sumber LiveStrong
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X