Kompas.com - 15/01/2021, 08:33 WIB
Ilustrasi cardboard gardening atau berkebun dengan kardus. SHUTTERSTOCK/WITHGODIlustrasi cardboard gardening atau berkebun dengan kardus.

KOMPAS.com — Memiliki kebun di rumah tak hanya akan menyajikan pemandangan hijau yang cantik. Berkebun rupanya juga akan mampu meningkatkan kesehatan baik secara fisik maupun pikiran.

Studi di seluruh dunia telah menemukan hubungan antara berkebun dengan kualitas hidup yang lebih baik, di perkotaan maupun pedesaan. Manfaat berkebun juga bisa dirasakan oleh semua usia, mulai dari anak-anak hingga manula.

Berikut adalah 7 alasan mengapa berkebun baik untuk kesehatan:

1. Berkebun meredakan stres

Sebuah penelitian di Belanda menguji kortisol, steroid alami yang membantu tubuh merespons stres, dan menemukan bahwa berkebun bisa menjadi pereda stres yang lebih baik daripada membaca.

Mereka yang berkebun dalam skala rumahan melaporkan bahwa kegiatan ini memiliki manfaat psikologis seperti menghilangkan stres.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka yang berkebun dalam skala rumahan biasanya lebih mementingkan manfaat penghilang stres ini daripada manfaat ekonomi yang juga bisa didapatkan dari berkebun.

Hilangnya stres ini terjadi bukan hanya karena kegiatan berkebunnya saja, namun ada bakteri di tanah juga dapat membantu memerangi stres. Bakteri itu diketahui bertindak seperti antidepresan dan membangun sistem kekebalan yang kuat.

Baca juga: Baik untuk Kesehatan Mental, Berkebun Bisa Redakan Cemas

2. Berkebun diperhitungkan seperti olahraga

Berkebun memaksa kita untuk mengangkat karung-karung pupuk, mencangkul, hingga mendorong pemotong rumput. Rangkaian kegiatan ini melibatkan semua otot di tubuh.

Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.