Pentingnya Kemampuan Mendengar bagi Seorang Pemimpin

Kompas.com - 15/01/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi mendengar SIphotographyIlustrasi mendengar

KOMPAS.com - Dalam bisnis dan kepemimpinan, komunikasi adalah hal penting. Pemimpin dengan kemampuan komunikasi yang efektif biasanya terampil dalam seni persuasi.

Selain itu, komunikasi juga mampu membangun komitmen terhadap visi perusahaan. Namun manfaat komunikasi tak sekadar itu.

Saat berkomunikasi dengan karyawan, bukan berarti pemimpin harus terus berbicara. Ada kalanya dia juga perlu mendengarkan pendapat bawahannya.

Baca juga: Hai Orangtua, Latihlah Anakmu untuk Mendengar

Pemimpin yang memiliki keterampilan mendengarkan mampu membuat karyawan mencapai potensi maksimal dalam dirinya.

Manfaat lain dari mendengarkan adalah mengembangkan fondasi kuat dari kesadaran dan kecerdasan emosional.

Hal ini tentunya bisa berdampak baik bagi kemajuan perusahaan. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan agar pemimpin memiliki kemampuan mendengarkan.

1. Mulailah dengan mendengarkan secara aktif

Setiap orang harus berusaha menjadi pendengar yang aktif yakni hadir sepenuhnya dalam percakapan dan fokus dengan ucapan orang lain.

Hindari gangguan saat sedang mendengarkan orang lain. Misalnya jangan bermain ponsel ketika sedang berbicara.

Baca juga: 5 Kata yang Bikin Komunikasi dengan Pasangan Memburuk

Lebih baik lakukan kontak mata langsung dan matikan notifikasi atau nada dering pada ponsel agar bisa lebih fokus dengan pembicaraan.

Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X