Kompas.com - 20/01/2021, 12:26 WIB
Wakil Presiden terpilih Amerika Serikat Kamala Harris berbicara di Wimington, Delaware, pada 7 November 2020. AP PHOTOAndrew HarnikWakil Presiden terpilih Amerika Serikat Kamala Harris berbicara di Wimington, Delaware, pada 7 November 2020.

KOMPAS.com - Inauguration Day atau Hari Pelantikan Presiden baru Amerika Serikat ditetapkan setiap 20 Januari. Menjelang acara tersebut warganet sibuk mendiskusikan mengenai apa yang bakal dipakai Wakil Presiden terpilih AS Kamala Harris pada pelantikannya.

Sebagai Wakil Presiden kulit hitam dan keturunan India pertama di negara itu, Harris diduga akan memakai kain sari, kain yang biasa dipakai wanita di negara India, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka.

Memiliki panjang sekitar empat hingga sembilan meter, kain sari dikenakan di badan dengan berbagai macam gaya tanpa dijahit.

Spekulasi mengenai apa yang dikenakan Harris pada pelantikannya sudah tersebar luas bahkan sebelum Partai Demokrat memenangkan pemilihan.

Baca juga: 7 Drama Pelantikan Presiden AS: Ada yang Boikot, Meninggal, dan Salah Sumpah

Pada tahun 2019, di sebuah acara bernama One APIA Nevada, seorang penonton bertanya kepada Harris apakah dia akan memakai pakaian tradisional India jika terpilih sebagai presiden, seperti dilaporkan KTBS.

"Pertama menangkan dulu," jawab Harris sambil tersenyum kala itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ibu saya membesarkan kami dengan apresiasi yang sangat kuat atas latar belakang budaya dan kebanggaan kami. Perayaan yang kami ikuti terlepas dari bagaimana pelafalan nama belakang kami. Itu adalah keindahan dari siapa kami sebagai sebuah bangsa," tambahnya.

Sebagai catatan, ibunda Kamala Harris, Shyamala Gopalan, lahir di Chennai, India dan berimigrasi ke Amerika. Sedangkan ayahnya berasal dari Jamaika.

Baca juga: 3 Fakta Pelantikan Joe Biden-Kamala Harris

Persiapan jelang pelantikan Joe Biden pada Sabtu (16/1/2021). Seremoni diadakan di Gedung Capitol Hill tanggal 20 Desemner.AP PHOTO/PATRICK SEMANSKY Persiapan jelang pelantikan Joe Biden pada Sabtu (16/1/2021). Seremoni diadakan di Gedung Capitol Hill tanggal 20 Desemner.

Pesan tersembunyi

Mungkin, soal pakaian apa yang dipakai Harris di Inauguration Day tampak tidak penting.

Halaman:


Sumber NDTV
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.