Kompas.com - 08/02/2021, 13:55 WIB
Ilustrasi ular kobra Ilustrasi ular kobra

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang perlu diwaspadai di tengah musim hujan. Tak melulu soal banjir, kemungkinan ular masuk ke rumah juga perlu menjadi perhatian.

Hujan yang terus-menerus turun membuat suhu di luar menjadi dingin. Hal itu dapat memicu ular mencari tempat dengan suhu yang lebih hangat.

Oleh karenanya, bukan hal aneh apabila banyak masyarakat yang rumahnya kemasukan ular di musim hujan. Namun bukan berarti hal itu tak dapat dicegah.

Beberapa orang mungkin ada yang menggunakan bahan kimia berbau menyengat untuk mencegah ular masuk ke rumahnya.

Akan tetapi, menurut pakar ular dari University of Queensland, bahan-bahan kimia dengan bau menyengat tak selamanya berhasil mengusir ular.

"Benda-benda itu memberikan rasa aman yang palsu," katanya kepada ABC.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senada dengan pernyataan tersebut, pakar ular dari Macquarie University, Rick Shine menyatakan belum ada aroma-aroma tertentu yang dapat menyingkirkan ular.

Shine mengungkapkan langkah pertama untuk mencegah ular masuk ke rumah yakni menyingkirkan segala sesuatu yang kemungkinan dicari ular.

"Misalnya tumpukan besi bergelombang yang bisa menjadi tempat ular berlindung dan bersembunyi," kata Shine.

Selain itu, benda-benda seperti rak sepatu, helm, atau tumpukan barang juga bisa menjadi tempat bersembunyi ular. Maka dari itu, penting untuk merapikan sudut-sudut rumah dari tumpukan benda.

Halaman:


Sumber abc.net.au
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.