Kurang Tidur Saat Haid Bisa Membuat Kulit Wajah Tampak Kusam

Kompas.com - 20/02/2021, 10:45 WIB
Ilustrasi deep sleep, tidur nyenyak, tidur. ShutterstockIlustrasi deep sleep, tidur nyenyak, tidur.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap perempuan pasti mendambakan kulit wajah yang sehat dan cerah dalam kondisi apa pun.

Namun tidak dapat dipungkiri, gangguan tidur saat mengalami haid dapat menimbulkan berbagai permasalahan kulit.

"Kulit menjadi bagian tubuh paling terlihat jika kita kekurangan tidur karena letaknya berada di luar dan sangat luas."

Demikian penuturan dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin, Dr Nessya Dwi Setyorini, SpDV dalam kegiatan talkshow virtual melalui aplikasi Zoom, Jumat (19/2/2021).

Dokter Nessya mengatakan, masalah yang paling terlihat saat kita tidak memiliki kualitas tidur yang baik adalah kulit wajah tampak kusam dan munculnya tanda-tanda penuaan yang lebih cepat.

Apalagi, di malam hari itu biasanya kulit kita melakukan perbaikan dan regenerasi sel-sel kulit mati. Jika kita kurang tidur, proses tersebut otomatis dapat terhambat.

Baca juga: 9 Hal Mengerikan yang Terjadi pada Tubuh jika Sering Kurang Tidur

Menurut The National Sleep Foundation (NSF), untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kita perlu menghabiskan waktu 85 persen sepenuhnya dengan tidur, tanpa melakukan kegiatan lain seperti bermain ponsel.

Selain itu, kita juga harus tertidur dalam 30 menit atau kurang saat sudah berada di tempat tidur dan hindari terbangun lebih dari satu kali selama lebih dari 20 menit.

"Tidur yang berkualitas itu harus mengikuti jam biologis sesuai dengan ritme sirkadian tubuh agar tidak menggangu organ-organ tubuh, termasuk kulit," terangnya.

"Bagi orang dewasa, waktu tidur dengan kualitas yang baik itu direkomendasikan antara 7-8 jam. Tidak boleh kurang dari 6 jam dan tidak boleh lebih dari 10 jam," sambung dia.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Kurang Tidur Bisa Ganggu Fungsi Otak dan Kinerja

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X