Kompas.com - 02/03/2021, 17:20 WIB
Ilustrasi anak kecil sedang membaca (Shutterstock/Issaret Yatsomboon) Ilustrasi anak kecil sedang membaca
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Terbatasnya aktivitas anak di luar rumah akibat pandemi memaksa anak belajar secara online. Anak juga tidak bisa bertemu teman sebayanya untuk bermain.

Hal itu tentu saja memberikan dampak pada perkembangan sosial dan emosional anak. Nantinya, anak dapat kesulitan berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain, dan menutup diri dari dunia luar.

Apa yang terjadi pada anak saat ini bisa diatasi. Caranya, orangtua bisa membantu meningkatkan keterampilan sosial anak selama pandemi dengan menerapkan tiga hal. Yaitu:

1. Bermain musik dengan anak

Memiliki sedikit pemahaman tentang musik dapat berdampak positif pada keterampilan sosial anak.

Sebuah studi tahun 2010 yang dimuat ke dalam jurnal Science Direct menemukan, anak yang bermain musik daripada bermain game, lebih mungkin untuk membantu anak lain di kemudian hari.

Dalam studi tersebut, hanya empat dari 24 anak yang bermain game dengan anak lain menawarkan untuk membantu temannya memperbaiki mainan yang rusak.

Sedangkan, 13 dari 24 anak yang bermain musik dalam kelompok menawarkan bantuan kepada temannya.

"Dalam budaya tradisional, bermain musik dan menari biasanya menjadi bagian dari upacara kelompok yang penting," kata peneliti studi itu.

"Musik berkembang menjadi alat yang menumbuhkan ikatan sosial dan kohesi kelompok, yang pada akhirnya meningkatkan perilaku dan kerja sama prososial dalam kelompok."

Baca juga: Belajar Musik Sejak Dini Membangun Disiplin dan Kepercayaan Diri Anak

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X