Kompas.com - 03/03/2021, 18:14 WIB
Ilustrasi sunat shutterstockIlustrasi sunat
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sunat merupakan operasi pengangkatan kulup, atau bagian kulit yang menutupi ujung penis. Biasanya, sunat dilakukan pada bayi yang baru lahir atau anak laki-laki yang masih kecil.

Sekarang ini terdapat berbagai metode sunat yang bisa dipilih, dan sunat laser merupakan salah satu metode yang populer di masyarakat karena dianggap praktis dan prosesnya cepat.

Sunat laser tidak menggunakan energi cahaya, melainkan energi panas dengan alat elektrokauter untuk memotong jaringan, menurut Dr Arry Rodjani, SpU(K), dokter spesialis urologi di RS Siloam.

"Sunat laser yang ada di masyarakat sekarang bukan laser dalam arti sebenarnya, tapi logam yang dipanaskan dengan listrik," tutur Arry kepada Kompas.com, Rabu (3/3/2021).

Selain itu, Arry menambahkan, pendarahan dari metode ini juga lebih sedikit.

"Bila tidak terjadi komplikasi, pendarahan dengan metode ini lebih ringan dan lebih cepat," jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Sunat Bakal Dilarang di Islandia, Apa yang Salah?

Pada proses sunat laser, energi listrik dari alat elektrokauter diarahkan langsung menuju jaringan penis.

Namun, cara ini berisiko karena jika kulup penis dipotong dengan alat elektrokauter, maka bisa menyebabkan terbakarnya jaringan penis sampai glans penis dan menimbulkan luka bakar.

Akibatnya, terjadi total phallic loss atau gangguan saraf yang parah, terutama jika ada kontak antara kauter dan klem saat kulup dipotong, kata Arry.

"Masalah kadang timbul dari panas yang mengenai klem dan juga glans penis, sehingga terjadi luka bakar pada glans penis."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.