Kompas.com - 20/03/2021, 12:11 WIB

KOMPAS.com - Pria dewasa kerap kali mengalami kenaikan berat badan dengan cukup drastis tanpa disadari. Biasanya ini baru dirasakan ketika terpaksa membeli pakaian baru atau tubuh yang tidak lagi terasa nyaman.

Banyak pria yang selama hidupnya mengenakan kemeja berukuran M dan tiba-tiba suatu hari harus berganti menjadi ukuran XL.

Perubahan ini jelas mengagetkan, apalagi jika sebelumnya tubuh termasuk fit atau cenderung kurus. Kenaikan berat badan yang tidak biasa dan cenderung drastis ini sebenarnya harus diwaspadai.

Lawrence Cheskin, MD, Direktur the Johns Hopkins Weight Management Center mengatakan kita harus mulai waspada saat mengalami kenaikan sekitar 2,2 kilogram atau 5 pound dalam satu minggu.

Baca juga: Arnold Schwarzenegger Merasa Gemuk, Tantang Diri Turunkan Berat Badan

Angka itu cenderung biasa bagi wanita namun tidak demikian dengan pria. "Bagi pria, kenaikan sebanyak itu bisa menjadi pertanda penting," terangnya seperti dikutip dari Mens Health pada Sabtu (20/03/2021).

Ada 6 hal yang bisa menjadi alasan kenaikan berat badan secara mendadak ini antara lain:

  • Asupan garam terlalu tinggi

Konsumsi natrium yang terlalu tinggi dapat meningkatkan kadar air dalam tubuh. Jika dilakukan dalam jangka waktu panjang maka berat badan juga ikut bertambah.

Perhatikan kadar natrium dalam makanan yang dikonsumsi. Makanan cepat saji dan mi instan termasuk yang memiliki kadar garam tinggi bagi tubuh sehingga sebaiknya dibatasi.

Baca juga: Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Garam

  • Obat-obatan

W. Scott Butsch, M.D., Direktur Pengobatan Obesitas di Bariatric and Metabolic Institute di Cleveland Clinic mengatakan, pengobatan menjadi penyebab dari 15 persen kasus obesitas yang ditanganinya.

Keberadaan obat ini memicu perubahan hormon sehingga berat badan meningkat. Obat depresi dan sakit jantung biasanya yang paling berpengaruh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.