Kompas.com - 26/03/2021, 06:03 WIB
Hubungan kakak-adik bisa sangat rumit. Beberapa anak bisa sangat akrab, sementara anak lainnya saling bersaing. PEXELSHubungan kakak-adik bisa sangat rumit. Beberapa anak bisa sangat akrab, sementara anak lainnya saling bersaing.

KOMPAS.com - Orangtua dengan anak lebih dari satu pasti paham betul bagaimana hubungan kakak-adik bisa terlihat complicated alias rumit.

Beberapa anak mungkin bisa sangat akrab dengan saudaranya, sementara anak lainnya bisa memosisikan diri sebagai kompetitor saudaranya.

Rivalitas kakak-adik ini bisa sulit di atasi di waktu-waktu normal, tapi mungkin bisa lebih mudah ditangani di masa pandemi seperti saat ini.

Menurut psikolog klinis Becky Kennedy, hal pertama yang perlu dipastikan adalah membuat anak-anak berhenti melihat saudaranya sebagai kompetitor.

Persaingan yang terjadi bisa diakibatkan beberapa hal, seperti perhatian atau kasih sayang orangtua.

Jadi, pastikan tidak ada anak yang merasa dirinya tidak aman (insecure).

"Seperti halnya hubungan apa pun, kita cenderung tidak melihat sekeliling dan melihat orang sebagai pesaing saat kita merasa aman dengan diri kita dan dengan peran kita di sana," kata Kennedy, seperti dilansir Yahoo Life.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kakak-Adik Bertengkar, Begini Cara Orangtua Antisipasi dan Atasi

Setidaknya ada tujuh cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mengatasi kakak-adik susah akur:

1. Meluangkan waktu empat mata dengan masing-masing anak

Bantu setiap anak bisa menilai keunikan dirinya.

Menurut psikolog klinis dari the Child Mind Institute, Janine Domingues, cara untuk mengetahuinya adalah dengan meluangkan waktu untuk ngobrol empat mata dengan setiap anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.